Share

Vaksin Sputnik V Buatan Rusia Diklaim 90% Ampuh Lawan Varian Delta Covid-19

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 30 Juni 2021 10:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 30 481 2433078 vaksin-sputnik-v-buatan-rusia-diklaim-90-ampuh-lawan-varian-delta-covid-19-UqmJ2aiNUE.jpg Vaksin Sputnik V buatan Rusia diklaim ampuh melawan varian delta covid-19. (Foto: Tatyana Makeyeva/Reuters)

VARIAN delta covid-19 saat ini menjadi kekhawatiran banyak negara. Kasusnya terus ditemukan dan tidak sedikit yang menyebabkan keparahan pada pasien, bahkan meninggal dunia. Upaya mencari solusi perlu dilakukan segera agar korban tidak terus berjatuhan.

Vaksinasi covid-19 menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menekan persebaran varian delta. Makin banyak orang yang mendapat vaksinasi, maka makin kecil risiko persebaran di lingkungan masyarakat.

Baca juga: Pemerintah Indonesia Kembali Datangkan Vaksin Covid-19, Tiba Siang Ini 

Nah, belum lama ini Rusia mengklaim Vaksin Sputnik V buatannya 90 persen ampuh melawan varian delta covid-19. Hal ini disampaikan langsung oleh Wakil Direktur Institut Gamaleya Denis Logunov.

Info grafis gejala varian delta covid-19. (Foto: Okezone)

Ini menambah catatan baik Vaksin Sputnik V asal Rusia terhadap keefektivitasannya melawan covid-19. Ya, sebelumnya klaim dilayangkan perusahaan bahwa Vaksin Sputnik V 92 persen efektif melawan covid-19 secara umum.

"Angka kemanjuran yang kami dapatkan ini berdasarkan informasi dari catatan medis digital dan catatan vaksinasi," kata Logunov, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (30/6/2021).

Baca juga: Tak Cuma Varian Delta, Vaksin Moderna Diklaim Ampuh Atasi Kappa dan Gamma 

Sejatinya tidak hanya Vaksin Sputnik V yang ampuh melawan varian delta covid-19 yang pertama kali teridentifikasi di India itu. Vaksin AstraZeneca dan Pfizer pun mengeluarkan klaim yang sama, namun dengan persentase keefektifan berbeda.

Vaksin AstraZeneca diketahui ampuh melawan varian delta dengan persentase 92 persen. Sedangkan Vaksin Pfizer lebih tinggi yaitu 96 persen. Melalui data-data ini diharapkan masyarakat tidak perlu khawatir mengenai perlawanan terhadap varian delta covid-19 yang mengganas di dunia.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini