Cegah Stunting, Kepala BKKBN: Bukan Cuma Asupan, Orangtua Harus Bikin Anak Gembira

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 30 Juni 2021 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 30 481 2433400 cegah-stunting-kepala-bkkbn-bukan-cuma-asupan-orangtua-harus-bikin-anak-gembira-o5NgE6n8rF.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)

BANYAK faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi terjadinya stunting pada anak. Tapi selama ini yang paling disorot biasanya tentang asupan gizi dan nutrisi dari orangtua kepada anak.

Ditelisik lebih dalam, asupan makanan dan kondisi kesehatan yang tak optimal semuanya bisa dipengaruhi dari luar. Seperti disebutkan Dr. (HC), Hasto Wadoyo, Sp.OG (K), Kepala BKKBN, pemicunya bisa mulai dari lingkungan rumah dan sekitar yang kumuh dan kotor. Hingga peran keluarga termasuk ayah, dalam menjaga keluarga secara keseluruhan.

“Kondisi kesehatan yang enggak optimal semuanya bisa dipengaruhi lingkungan kumuh dan kotor, jadinya anak itu mudah sakit, cacingan, diare dan sebagainya. Fungsi keluarga itu ada di sana, bagaimana menjaga secara keseluruhan. Bagaimana pola asah, asih dan asuhnya,” kata Dr. (HC), Hasto Wadoyo, Sp.OG (K), dalam webinar yang digelar Rabu (30/6/2021).

Ibu dan Anak

Baca Juga : Benarkah Anak Stunting Disebabkan Faktor Genetik?

Secara spesifik Dr. (HC), Hasto menyebut peran orangtua secara psikis terhadap tumbuh kembang anak. Ia menyinggung, banyak orangtua yang lupa untuk membuat anak-anaknya senang karena terlalu meninggikan level diri sebagai orangtua.

“Mengayomi dari orangtua itu penting, peran orangtua bukan cuma soal asupan. Tapi gimana orangtua itu bisa bikin gembira anak. Banyak banget orangtua yang enggak menggembirakan anaknya, misalnya saat menyuruh anak makan ya nyuruh saja. Padahal anak itu mau nurut ke orangtua kalau dia gembira. Sedikit orangtua yang mau downgrade levelnya ke anak, terlalu meninggikan level diri sebagai orangtua,” tegasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini