6 Manfaat Air Beras untuk Kulit, Bisa Melindungi dari Kanker Lho

Sellva Brilliancy Fernando, Jurnalis · Kamis 01 Juli 2021 03:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 30 611 2433244 6-manfaat-air-beras-untuk-kulit-bisa-melindungi-dari-kanker-lho-oPRa71ZdCo.jpg Air beras memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit. (Foto: Jcomp/Freepik)

AIR beras ternyata memiliki banyak kandungan gizi yang berguna untuk kesehatan kulit. Sebanyak 16 persen di antaranya adalah protein, bahan pembangun yang penting untuk kesehatan sel.

Trigliserida dan lipid masing-masing membentuk 10 persen dari komposisi air beras. Sedangkan pati, ekstrak yang masih digunakan dalam kosmetik Jepang, terdapat sebanyak 9 persen. Karbohidrat, inositol, asam fitat, dan zat anorganik merupakan komponen lain di dalam air beras.

Baca juga: 7 Manfaat Kopi untuk Kesehatan Kulit, Ampuh Obati Jerawat Lho 

Inilah yang bisa didapat saat merebus segenggam beras putih rata-rata dalam dua cangkir air panas dan saring sisa cairannya. Air beras dapat digunakan dua kali sehari setiap hari sebagai toner kulit, sekali sehari dalam masker kulit, atau sebagai bilas wajah.

Dirangkum dari laman Feminaindia, berikut lima manfaat air beras untuk kecantikan kulit.

Ilustrasi manfaat air beras untuk kulit. (Foto: Senivpetro/Freepik)

1. Menenangkan kondisi kulit sensitif

Pada 2002, sebuah penelitian dari Departemen Toksikologi di Vrije Universiteit Brussel di Belgia menetapkan bahwa pasien dengan kondisi kulit seperti peradangan, ruam, dan dermatitis mendapat manfaat besar dari mandi air beras dua kali sehari. Ini adalah zat paling alami yang kandungan patinya tinggi dan baik untuk orang yang menderita jerawat kronis.

2. Membuat kulit aman dari sinar matahari

Air beras adalah tabir surya alami, melindungi dari efek berbahaya sinar ultraviolet (UV). Selain itu, air beras juga dapat digunakan untuk mengobati kulit yang terbakar sinar matahari. Oleskan saja pada kulit yang rusak akibat sinar matahari, dan ini akan membantu kulit pulih lebih cepat. Ini juga membantu mengencangkan pori-pori yang terbuka.

Baca juga: Viral Cara "Kejam" MUA Tarik Wajah Keriput Jadi Muda Lagi Mirip Milea 

3. Solusi anti-penuaan

Tekstur kulit sangat meningkat, dan elastisitas dipulihkan dengan menggunakan air beras, terutama dalam kasus kulit kering dan dehidrasi. Air beras kaya akan vitamin A, vitamin C, vitamin E, flavonoid dan senyawa fenolik. Selain itu, mengandung asam ferulic dan allantoin yang semuanya diperlukan untuk fungsi kulit.

4. Meningkatkan warna kulit

Salah satu fungsi utama air beras adalah bisa membuat kulit lebih cerah dan warnanya lebih merata. Caranya, celupkan bola kapas ke dalam air beras yang difermentasi dan memijatnya ke wajah.

5. Melindungi dari kanker kulit

Tidak hanya meningkatkan pertumbuhan dan regenerasi sel, menjaga kulit tetap kenyal dan halus, air beras juga memiliki antioksidan yang mencegah berbagai kanker kulit serta bertindak sebagai agen anti-penuaan.

Baca juga: 4 Tips Cegah Kulit Cepat Menua, Salah Satunya Wajib Hapus Makeup 

6. Bermanfaat bagi kulit tubuh

Anda dapat menggunakan air beras sebagai rendaman mandi. Cukup tambahkan dua cangkir air beras ke air biasa yang ada di bak mandi dan tambahkan beberapa tetes minyak esensial lavender. Berendam selama sekira setengah jam untuk menuai manfaat kulit dari air beras di seluruh tubuh. Sementara lavender bisa membuat tidur lebih nyaman.

Air beras. (Foto: Jcomp/Freepik)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini