Tips Jaga Lingkungan Melalui Pola Makan, Salah Satunya Hindari Buang Sisa Makanan

Sellva Brilliancy Fernando, Jurnalis · Kamis 01 Juli 2021 04:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 30 612 2433311 tips-jaga-lingkungan-melalui-pola-makan-salah-satunya-hindari-buang-sisa-makanan-HpJbpZrrzJ.jpg Ilustrasi jaga lingkungan dengan hindari membuang sisa makanan. (Foto: Freepik)

PANDEMI covid-19 telah mengingatkan setiap orang untuk introspeksi diri dalam hal apa pun. Salah satunya adalah lebih mencintai lingkungan. Tujuan tersebut bisa diwujudkan dengan mengubah cara mengonsumsi makanan menjadi lebih ramah lingkungan.

Lantas, bagaimana saja melakukannya? Seperti dinukil dari laman Feminaindia, berikut tips pola makan yang lebih ramah terhadap lingkungan.

Baca juga: Rahasia Makanan Sehat Cinta Laura Usai Olahraga, Bikin Fit Setiap Hari 

1. Masak sesekali

Kurangi jejak karbon dengan menyalakan peralatan dapur hanya sekali sepanjang hari. Siapkan makanan dalam kelompok yang cukup besar, atau buat secukupnya sehingga dapat membekukan porsi. Dengan cara ini, Anda tidak bekerja keras di dapur sepanjang waktu dan menghemat bahan bakar.

Ilustrasi memasak. (Foto: Senivpetro/Freepik)

2. Hindari membuang sisa makanan

Saat Anda membuang sisa makanan, lalu dibawa petugas dan membuangnya ke tempat pembuangan sampah, maka akan mulai memancarkan metana atau gas rumah kaca yang kuat dan bahkan lebih berbahaya daripada karbondioksida.

Sebaliknya, temukan cara untuk mengurangi limbah makanan. Anda bisa mempelajari cara membagi lemari es untuk meminimalkan ruang lingkup pembusukan, membeli produk beku tahan rusak, atau menunjukkan tanggal kedaluwarsa setiap produk melalui label. Ini tentu saja cara untuk menggunakan setiap bagian dari produk makanan.

Baca juga: Kelelahan Akibat Kurang Energi, Atasi dengan 5 Makanan Ini 

3. Mulai pengomposan

Jika Anda tidak dapat menghabiskan sisa makanan, jangan membuangnya ke tempat sampah. Cobalah membuat kompos sebagai alternatif. Anda dapat mempelajari cara melakukannya di internet.

4. Tanam bahan makanan sendiri

Apakah Anda tahu dari mana sayuran dan buah-buahan di supermarket berasal? Atau, jumlah waktu dan karbon yang dibutuhkan untuk mengangkutnya ke wilayah Anda?

Dibutuhkan berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu untuk mengirimkan bahan makanan itu ke toko. Bayangkan saja tingkat energi yang dibutuhkan untuk memenuhi bagian rantai yang padat karbon ini? Ini luar biasa.

Sebagai gantinya, cobalah menanam setidaknya beberapa bahan makanan Anda sendiri di halaman rumah. Dengan cara itu, Anda tahu persis apa yang dikonsumsi dan tidak perlu terlalu sering pergi ke pasar.

Baca juga: Ini Rahasia Nabi Terhindar dari Penyakit: Pola Hidup hingga Menu Makanan 

Ilustrasi menanam sayuran. (Foto: Gpointstudio/Freepik)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini