Cek Fakta: Hirup Uap Panas Bisa Bunuh Virus Corona

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 30 Juni 2021 16:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 30 612 2433331 cek-fakta-hirup-uap-panas-bisa-bunuh-virus-corona-cge68uM1Yh.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MENCEGAH virus Covid-19 memang bisa dilakukan dengan protokol kesehatan 5M. Meski demikian, terkadang kita lalai dan akhirnya terpapar virus tersebut.

Ketika sudah tertular, satu-satunya yang bisa kita lakukan adalah menjaga imunitas agar virus tersebut segera hilang. Memang, saat ini tengah dikembangkan beberapa obat untuk pengobatan Covid-19.

Tapi, baru-baru ini beredar sebuah video melalui pesan berantai di WhatsApp yang menyatakan bahwa muncul kasus Covid-19 baru di Tiongkok, namun tidak menelan korban sebab masyarakat Tiongkok rajin meminum air panas 6 kali sehari, meminum susu panas dan teh panas 4 kali sehari, serta rajin menghirup uap panas.

Video tersebut juga menyatakan bahwa jika rajin melakukan kebiasaan tersebut, maka virus Corona yang berada di dalam tubuh akan perlahan-lahan mati.

Hoax

WHO melalui situs resminya telah menegaskan bahwa tidak ada hasil penelitian yang menemukan bahwa meminum minuman panas dan menghirup uap panas dapat membunuh virus Corona.

Lebih lanjut, hasil penelitian oleh sekelompok peneliti dari Universitas St. Thomas, Minnesota, Amerika Serikat menyatakan bahwa meskipun temperatur tinggi dapat melemahkan partikel virus Corona yang berada di permukaan suatu benda, metode tersebut tidak dapat memberikan hasil yang efektif ketika virus Corona telah masuk ke dalam tubuh manusia.

Video serupa juga pernah beredar pada November 2020 lalu. Artikel dengan topik tersebut telah dimuat dalam situs turnbackhoax.id dengan judul artikel “[SALAH] Minum Air Panas, Susu Panas, Teh Panas dan Menghirup Uapnya Dapat Membunuh Virus Corona” yang diunggah pada 27 November 2020.

Dengan demikian, video yang beredar melalui pesan berantai di WhatsApp tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan/Misleading Content.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini