Presiden Jokowi Tetapkan PPKM Darurat 3-20 Juli 2021, Mal Tutup!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 01 Juli 2021 12:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 01 481 2433744 presiden-jokowi-tetapkan-ppkm-darurat-3-20-juli-2021-mal-tutup-B6yuYdEyLC.jpg PPKM Dararut Mal akan tutup (Foto: Freepik)

PRESIDEN Joko Widodo memberlakukan PPKM Darurat terhitung 3 hingga 20 Juli 2021. Ini dilakukan sebagai upaya mengendalikan lonjakan kasus Covid-19 di pulau Jawa yang beranjak naik setiap harinya.

"Setelah mendapatkan banyak masukan dari para menteri, para ahli kesehatan, dan juga para kepala daerah, saya memutuskan untuk memberlakukan PPKM Darurat, sejak tanggal 3 Juli hingga 20 Juli 2021 khusus di Jawa dan Bali," kata Presiden Jokowi dalam keterangan resminya, Kamis (1/7/2021).

Presiden Jokowi

PPKM Darurat ini, kata Jokowi, akan meliputi pembatasan-pembatasan aktivitas masyarakat yang lebih ketat daripada yang selama ini sudah berlaku.

Salah satu yang diatur terkait dengan operasional pasar dan mall yang ternyata mesti ditutup di durasi waktu penetapan PPKM Darurat ini.

Belanja di Mal

"Pusat perbelanjaan atau mall atau pusat perdagangan ditutup," tegas laporan tersebut.

Baca Juga : Tak Ada Ambulan, Begini Cara Cara Paling Aman Antar Pasien Covid-19 ke RS

Ya, dalam laporan detail mengenai implementasi PPKM Darurat, dijelaskan bahwa untuk supermarket, pasar tradisional, toko kelontong, dan pasar swalayan yang menjual kebutuhan sehari-hari, dibatasi jam operasionalnya sampai pukul 20.00 waktu setempat dengan kapasitas pengunjung 50 persen; untuk apotek dan toko obat bisa buka full selama 24 jam.

"Saya minta masyarakat berdisiplin mematuhi pengaturan ini demi keselamatan kita semuanya. Pemerintah akan mengerahkan seluruh sumber daya yang ada untuk mengatasi penyebaran COVID-19," ungkap Jokowi.

"Saya minta kepada seluruh rakyat Indonesia untuk tetap tenang dan waspada, mematuhi ketentuan-ketentuan yang ada, disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, dan mendukung kerja-kerja aparat pemerintah dan relawan dalam menangani pandemi COVID-19 ini. Dengan kerja sama yang baik dari kita semua dan atas rida Allah Swt., Tuhan Yang Maha Esa, saya yakin kita bisa menekan penyebaran COVID-19 dan memulihkan kehidupan masyarakat secara cepat," tambahnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini