Share

Ikan Buntal Beracun tapi Bisa Dikonsumsi, Simak Caranya

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 02 Juli 2021 16:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 02 298 2434557 ikan-buntal-beracun-tapi-bisa-dikonsumsi-simak-caranya-O8P3cSoxIH.jpg Ikan buntal. (Foto: Monica Volpin/Pixabay)

IKAN buntal atau dalam bahasa ilmiah disebut Tetraodontidae merupakan salah satu jenis ikan yang hidup di terumbu karang. Bahkan ada yang menyebutnya sebagai landak laut, karena tubuhnya akan mengeluarkan duri ketika merasa terancam.

Ikan buntal termasuk jenis hewan laut beracun berbahaya kedua di dunia, setelah katak emas. Semua organ dalamnya seperti hati dan kadang kulit sangat beracun bagi sejumlah hewan jika dimakan.

Baca juga: Satu Keluarga di Banyuwangi Tewas Diduga Keracunan Ikan Buntal 

Akan tetapi daging beberapa spesies ikan ini dijadikan sebagai makanan di Jepang, Korea, dan China. Disiapkan oleh juru masak yang profesional, di mana mengetahui letak atau bagian mana saja yang bisa dikonsumsi.

Ikan buntal. (Foto: Sven Bachstroem/Pixabay)

Namun Anda jangan sembarangan mengonsumsinya ya. Akibatnya bisa seperti yang terjadi di Nusantara Tenggara Timur (NTT), sejumlah warga keracunan, bahkan meninggal dunia akibat menyantap ikan buntal.

Baca juga: Sejumlah Orang Diperiksa Usai 1 Keluarga Meninggal Diduga Keracunan Ikan Buntal 

Peristiwa ini terjadi Dusun Daranatar Desa Hoder Kecamatan Waigete, sekitar pukul 18.00 Wita. Maria Sepe, salah satu anggota keluarga menjelaskan seorang warga bernama Klementinus Oskar pada Sabtu 26 Juni 2021 malam pergi melaut.

Ketika menyantap ikan buntal yang sudah dimasak, selang 2 jam kemudian, banyak orang merasa keram, muntah-muntah, dan akhirnya dibawa ke IGD RSUD TC Hillers Maumere untuk mendapat perawatan intensif.

Supaya tidak terjadi serupa, Anda harus membersihkan ikan buntal dengan sangat teliti. Bisa juga mengandalkan seorang profesional di bidang kuliner supaya tidak keracunan saat memakannya.

Dikutip dari kanal YouTube iNews Magazine, ini cara member's ikan buntal untuk disantap, dan racunnya hilang.

Baca juga: Alquran dan Sains Ungkap Fungsi Sirip Ikan serta "Kantong Renang" yang Dimiliki 

Diawali sobek bagian bawah. Sobek dan lepas kulitnya karena tidak dimakan. Lalu potong mulutnya, buang bagian empedu dan kotorannya.

Kemudian ambil dagingnya saja, cuci bersih sampai benar-benar kotorannya hilang. Setelah itu, masak dengan rempah-rempah agar rasanya gurih dan lezat.

Ikan buntal. (Foto: AFP)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini