BPOM: Vaksin Moderna Aman untuk Penderita Diabetes dan Jantung

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 02 Juli 2021 12:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 02 481 2434365 bpom-vaksin-moderna-aman-untuk-penderita-diabetes-dan-jantung-mXdfeKDhvd.jpg Vaksin Moderna (Foto : OAG)

VAKSIN Moderna resmi dipergunakan di Indonesia. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sudah mengeluarkan izin penggunaan daruratnya atau emergency use authorization (EUA) hari ini, Jumat (2/7/2021).

Kepala BPOM, Penny K. Lukito, menerangkan bahwa vaksin Covid-19 berbasis mRNA pertama yang datang ke Indonesia ini aman digunakan pada orang dengan komorbid.

Vaksin Moderna

"Vaksin ini (Moderna) memberikan profil keamanan dan efikasi yang baik pada populasi dengan komorbid yaitu bisa diberikan pada orang dengan penyakit paru kronis, jantung, obesitas berat, diabetes, liver hati, dan HIV," kata Penny dalam konferensi pers virtual, Jumat (2/7/2021).

Baca Juga : Sebelum Disuntik, Ini Efek Samping Vaksin Moderna Harus Diketahui

Efektivitas dan keamanan vaksin Moderna teruji baik dan berdasar hasil uji klinis fase 3, vaksin ini bekerja cukup baik pada tubuh kelompok usia 18-65 tahun dengan efektivitas 94,1 persen dan pada usia di atas 65 tahun efektivitasnya 86,4 persen.

Terkait dengan penggunaannya, Penny menerangkan bahwa vaksin Moderna diberikan sebanyak 2 dosis dengan jarak pemberian 1 bulan antara dosis pertama dengan dosis kedua.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini