4 Cara Tingkatkan Imunitas Anak, Ayah-Bunda Wajib Tahu Ya

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 02 Juli 2021 21:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 02 481 2434715 4-cara-tingkatkan-imunitas-anak-ayah-bunda-wajib-tahu-ya-okPIoXWusC.jpg Ilustrasi cara meningkatkan imunitas anak-anak. (Foto: Freepik)

LONJAKAN kasus covid-19 yang terjadi belakangan ini memang cukup menakutkan. Bahkan, anak-anak yang biasanya terhindar dari virus tersebut pun kini harus tetap waspada. Salah satu cara menjaga anak-anak dari paparan covid-19 adalah meningkatkan imunitas tubuhnya.

Ahli gizi fungsional asal India Mugdha Pradhan pun memberikan beberapa langkah untuk meningkatkan imunitas anak. Bagaimana caranya? Simak penjelasan berikut ini, seperti dilansir laman Feminaindia, Jumat (2/7/2021).

Baca juga: Kenali 7 Tanda Anak Anda Dilanda Stres 

1. Ketahui Hal-Hal yang Menurunkan Imunitas

Untuk membangun kekebalan tubuh anak, penting terlebih dahulu memahami faktor-faktor yang menurunkan kekebalan mereka. Faktor-faktor ini termasuk kekurangan nutrisi, akumulasi racun, ketidakseimbangan dalam mikrobioma usus, makan terlalu banyak makanan inflamasi, paparan medan elektromagnetik, kurang tidur nyenyak, kelangkaan gerakan, kurangnya paparan sinar matahari, dan stres.

Ilustrasi pandemi covid-19. (Foto: Shutterstock)

2. Kewaspadaan Nutrisi

Sebagai orangtua, memiliki tugas memastikan makanan sehari-hari anak kaya akan berbagai nutrisi penting; seperti protein, glukosa, lemak jenuh, asam lemak omega-3, vitamin D, magnesium, vitamin B kompleks, yodium, zat besi, dan lain-lain.

Untuk membangun sistem kekebalan yang kuat, sangat penting mengurangi gula olahan, tepung olahan, makanan olahan, minyak biji, minuman manis, kafein dalam makanan sehari-hari. Tingkatkan konsumsi protein berkualitas baik seperti telur, kacang-kacangan, dan taoge dalam menu makanan si kecil. Kurangi asupan lemak berbahaya dan tingkatkan konsumsi lemak jenuh yang baik.

Penting juga menanamkan kebiasaan makan buah-buahan musiman pada anak setiap hari dan meningkatkan konsumsi biji-bijian yang kaya akan serat esensial. Disarankan juga untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian anak-anak dengan memberi mereka suplemen berkualitas baik untuk menggantikan nutrisi penting yang mungkin tidak tersedia dari makanan.

Baca juga: Mencegah Alergi pada Anak Sejak dalam Kandungan 

3. Membangun Kesehatan Usus

Ya, jika anak-anak memiliki kesehatan usus atau masalah pencernaan yang buruk, mereka secara alami rentan terhadap serangan virus atau bakteri. Ini pada dasarnya karena 70 persen dari sistem kekebalan tubuh terletak di usus dan bertanggung jawab untuk merampingkan respons kekebalan tubuh.

Data menunjukkan bahwa ada sistem kekebalan mikroba usus yang bekerja sama, berkomunikasi dengan tubuh untuk membunyikan alarm ketika lonjakan pertahanan diperlukan. Mikrobioma usus yang sehat adalah kunci penting untuk kesehatan anak secara keseluruhan.

4. Peduli Kesehatan Anak

Selain menjaga pola makan yang sehat, penting juga untuk memastikan berbagai aspek lain dari kehidupan anak melindungi mereka dari patogen yang mematikan. Buat aturan bahwa anak menghabiskan setidaknya 1 jam setiap hari di bawah sinar matahari (paparan sinar matahari meningkatkan sistem kekebalan tubuh) dan libatkan anak pada permainan dan aktivitas di luar ruangan.

Orangtua juga dapat mengidentifikasi ruang di sekitar rumah karena kemungkinan infeksi di ruang terbuka dengan udara segar lebih minim. Berada di luar ruangan atau di alam terbuka memungkinkan anak-anak mendapatkan lingkungan mikrobioma yang lebih sehat.

Baca juga: Data Dinkes DKI: Dalam 1 Hari Bertambah 661 Anak Positif Covid-19 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini