Cek Fakta: Parasetamol P-500 Mengandung Virus Berbahaya

Antara, Jurnalis · Jum'at 02 Juli 2021 14:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 02 612 2434454 cek-fakta-parasetamol-p-500-mengandung-virus-berbahaya-ygq29pfUCA.jpeg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PARASETAMOL biasanya lazim digunakan untuk menurunkan demam atau meredakan nyeri. Obat ini pun kerap digunakan bagi para pasien Covid-19 yang mengalami gejala ringan.

Namun, beredar kabar bahwa parasetamol P-500 mengandung virus Machupo, berbahaya di seluruh dunia. Pesan itu mengatakan Parasetamol P-500 adalah parasetamol baru yang berwarna putih dan mengkilap.

Hoax

"PERINGATAN URGENT! Hati-hati untuk tidak menggunakan parasetamol yang datang ditulis P/500.Ini adalah parasetamol baru, sangat putih dan mengkilap, mengandung "Machupo" virus, dianggap salah satu virus yang paling berbahaya di dunia. Dan dengan tingkat kematian yang tinggi. 

Silakan berbagi pesan ini, untuk semua orang dan keluarga dan menyelamatkan hidup dari mereka”.

Tapi, benarkah ada kandungan virus dalam obat Parasetamol P-500?

Penelusuran ANTARA menemukan pesan tentang obat Parasetamol P-500 itu merupakan hoaks yang berulang.

Pada 2017, Badan POM telah mengklarifikasi isu parasetamol mengandung virus Machupo.

Badan POM menyatakan tidak pernah menerima laporan terpercaya yang mendukung klaim virus Machupo telah ditemukan di dalam obat Parasetamol P-500, maupun pada obat lainnya. 

Virus Machupo adalah virus yang penyebarannya melalui udara, makanan, atau kontak langsung. Virus tersebut bersumber dari air liur, urin, atau feses hewan pengerat yang terinfeksi dan menjadi pembawa virus tersebut.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini