Pandemi Buat Orang Mudah Stres, Yuk Atasi dengan Yoga

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 02 Juli 2021 15:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 02 612 2434499 pandemi-buat-orang-mudah-stres-yuk-atasi-dengan-yoga-KHrIPjlOmD.jpeg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

DI masa pandemi ini olahraga di Gym dan luar ruangan memang menjadi hambatan, lantaran pembatasan sosial untuk tidak berinteraksi dengan banyak orang. Meski begitu, bukan berarti kita tidak perlu berolahraga.

Salah satu olahraga yang tengah digemari dan bisa dilakukan di rumah adalah Yoga. Faktanya, olahraga yoga juga punya beberapa manfaat terhadap kesehatan mental, yang sama pentingnya dengan kesehatan secara fisik terlebih di masa penuh ketidakpastian seperti pandemi Covid-19 saat ini. 

Apa saja manfaat kesehatan mental dari olahraga yoga? Mewarta Hello Giggles, berikut paparan singkatnya.

Yoga

Meningkatkan suasana hati 

Manfaat pertama, yoga diketahui bisa meningkatkan mood dengan baik. Menurut Harvard Medical School, yoga dapat memengaruhi suasana hati, dengan cara meningkatkan zat kimia otak yang disebut asam gamma-aminobutyric (GABA) yang berhubungan dengan suasana hati yang lebih baik. 

Neuropsikolog, Dr. Sanam Hafeez M.D. j mengatakan bahwa otak bisa melepaskan zat kimia perasaan baik lainnya. "Selama berolahraga yoga, otak melepaskan bahan kimia seperti dopamin dan serotonin, yang mengatur suasana hati dan meningkatkan kesenangan," kata Dr. Sanam.

Mengurangi stres

Stres meningkat tak terhindarkan di masa pandemi seperti saat ini. Maka ini waktu yang tepat untuk memulai rutinitas olahraga yoga, yang ternyata bisa membantu mengurangi stres. 

Disebutkan Dr. Sanam, nyatanya yoga bisa mengintervensi kemampuan otak untuk melepaskan hormon stres. Inilah kenapa, biasanya pasca sesi yoga orang-orang cenderung merasa lebih rileks dan tenang.  

Ditambah lagi, menurut penelitian yang dilakukan oleh National Library of Medicine, yoga menciptakan efek fisiologis yakni respon kebalikan dari respon stres (menghindar atau lawan). Ketika tubuh kita tidak dalam keadaan ini, maka itu menciptakan rasa keseimbangan antara pikiran dan tubuh.

Mengurangi kecemasan

Siapa sih yang tidak diliputi rasa cemas di masa pandemi Covid-19 yang semakin hari semakin genting ini? Untuk membantu mengurangi anxiety atau rasa cemas, bisa coba berolahraga yoga. 

Kenapa? Sebab gerakan di olahraga ini bisa mengurangi detak jantung, yang bermanfaat bagi orang-orang yang menderita kecemasan. Selain itu, karena yoga mengharuskan untuk fokus pada pernapasan dan tubuh dalam prakteknya, hal ini akan sangat membantu untuk menjaga pikiran kita di masa sekarang daripada ketidakpastian di masa depan. 

Hasil studi tahun 2007 di Journal of Alternative and Complementary Medicine menunjukkan bahwa satu jam sesi yoga, bisa meningkatkan kadar asam gamma-aminobutyric (GABA) sebesar 27 persen, yang bisa berfungsi menangkal kecemasan dan gangguan kejiwaan lainnya,

Membantu tidur lebih baik

Tidur yang baik dan berkualitas sangat berpengaruh tak hanya pada kebugaran fisik tapi juga kesehatan mental. Dari studi penelitian yang mengevaluasi efek yoga pada kualitas tidur dan insomnia, menunjukkan hasil yang baik karena yoga bisa meningkatkan relaksasi. 

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang secara teratur berlatih yoga, mengalami penurunan yang signifikan terkait durasi waktu yang dibutuhkan untuk tertidur nyaman, peningkatan jumlah jam tidur, dan merasa lebih nyaman dan tenang di pagi hari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini