Mengulik Jam Tangan Baterai Termahal Seharga Mobil

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Sabtu 03 Juli 2021 07:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 03 194 2434803 mengulik-jam-tangan-baterai-termahal-seharga-mobil-qHbBJMtPyZ.jpeg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

JAM tangan baterai termahal di era 1970-an dibanderol sekira Rp59 juta. Di tahun itu, jam tangan baterai termahal harganya setara dengan mobil mewah.

Diungkapkan CEO Radatime Hendra Kesuma, pada 1970an jam tangan identik dengan barang mewah. Orang yang memakai jam tangan biasanya punya status sosial tinggi.

"Pemakai jam tangan original bahkan memberi kesan waktu adalah prioritas tinggi bagi dirinya," ujar Hendra lewat keterangannya.

 Jam

Sementara itu, manajemen waktu sejak lama juga menunjang kelancaran setiap aktivitas. Itupun berlaku sekarang, maka jam tangan bukan sekadar aksesori namun bisa membantu seseorang mengatur waktunya.

Di Indonesia jenis didominasi oleh mesin bertenaga baterai dan mesin otomatis. Jam tangan baterai pertama dipasarkan di Jepang pada 25 Desember 1970.

Kala itu, Seiko Quartz Astron menjadi jam tangan termahal, dibanderol JPY450,000 atau setara Rp59 juta (1 JPY = Rp. 132).

Fantastisnya jam tangan ini harganya setara dengan mobil Corolla. Sedikit pula orang yang memiliki koleksi jam tangan ini, walau sebenarnya jam tangan baterai mendapat sambutan sangat luas dari masyarakat.

"Dikarenakan memiliki kelebihan 100x lebih akurat dari jam apapun dan usia berjalan waktu 250 kali lebih panjang dari jam mekanis manapun," tambahnya.

Namun, Hendra menyebut bahwa Seiko Astron bukanlah jam tangan baterai pertama di dunia. Melainkan perusahaan jam tangan Hamilton adalah yang pertama menciptakan jam tangan bertenaga baterai pada 1957.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini