PPKM Darurat, Yuk Tingkatkan Imunitas dengan Konsumsi 6 Rempah-Rempah Ini

Bertold Ananda, Jurnalis · Minggu 04 Juli 2021 04:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 03 481 2435063 ppkm-darurat-yuk-tingkatkan-imunitas-dengan-konsumsi-6-rempah-rempah-ini-wImpy7mVh6.jpg Lada hitam rempah-rempah peningkat imunitas tubuh yang baik dikonsumsi selama PPKM Darurat. (Foto: Healthshots)

PEMERINTAH Indonesia resmi menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat alias PPKM Darurat untuk menekan persebaran covid-19. PPKM Darurat digelar pada 3 hingga 20 Juli 2021 di Pulau Jawa dan Bali.

Nah, di tengah pelaksanaan PPKM Darurat ini, masyarakat diimbau tetap di rumah saja, lalu tetap menjaga kesehatannya. Salah satunya meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh.

Baca juga: Biji Pala Banyak Khasiatnya untuk Kesehatan, Ini 7 di Antaranya 

Langkah meningkatkan imunitas bisa dengan mengonsumsi rempah-rempah yang banyak ditemui di dapur. Nyatanya rempah-rempah itu mengandung banyak manfaat untuk kesehatan.

Dirangkum dari laman Feminaindia, berikut ini rempah-rempah yang banyak di dapur dan bisa dikonsumsi untuk meningkatkan imunitas tubuh Anda.

Rempah-rempah kunyit untuk meningkatkan imunitas tubuh selama PPKM Darurat. (Foto: Azerbaijan Stockers/Freepik)

1. Kunyit

Kunyit dikenal karena kekuatan penyembuhannya. Kunyit mengandung lipopolisakarida, zat dengan sifat antibakteri, antivirus, dan antijamur yang membantu merangsang sistem kekebalan tubuh manusia dan meningkatkan kapasitas antioksidan tubuh. Rempah-rempah ini sudah dipercaya sejak dulu dapat meningkatkan kekebalan dan terhindar dari sakit penyakit.

2. Jahe

Jahe biasa digunakan untuk obat pereda batuk dan pilek. Selain itu, bermanfaat menambah kekebalan tubuh dan melawan mikroorganisme jahat, sehingga membuat badan menjadi hangat serta terjaga kesehatannya.

Baca juga: Mengenal Saffron, Rempah-Rempah yang Bisa Mempercantik Kulit Wajah 

3. Kayu manis

Bumbu aromatik terkenal kaya akan antioksidan. Kemudian memiliki sifat antivirus, antibakteri, dan antijamur yang bantu mengurangi kemungkinan penyakit pernapasan. Rempah-rempah ini memiliki sifat prebiotik yang mendorong pertumbuhan bakteri menguntungkan dan membantu menekan pertumbuhan bakteri patogen, ini menguntungkan untuk kesehatan usus Anda juga.

4. Cengkih

Cengkih adalah bahan rempah-rempah alami yang memiliki kemampuan luar biasa. Cengkih biasa digunakan dalam pengobatan herbal dan bekerja dengan baik melindungi tubuh dari infeksi. Sebuah studi telah menemukan bahwa senyawa dalam cengkih mungkin memiliki manfaat lain, termasuk mendukung kesehatan hati dan membantu menstabilkan kadar gula darah.

Baca juga: Sehatnya Minuman Rempah-Rempah Khas Gresik, Cocok untuk Buka Puasa 

5. Lada hitam

Rempah-rempah lada hitam memiliki sifat antimikroba untuk membantu menjaga kekebalan tubuh. Selain itu, lada hitam membantu detoksifikasi tubuh dan dapat membantu menjaga berat badan tetap ideal karena sebagai efek pembersihan pada perut dan usus.

6. Daun mimba

Daun mimba sudah digunakan dari zaman dahulu sebagai obat herbal untuk menjaga stamina dan penambah kekebalan tubuh. Hal ini sangat efektif dalam menjaga tubuh dari serangan patogen berbahaya. Daun mimba juga dapat menjaga darah tetap bersih dan membuang racun serta memperkuat imun kekebalan tubuh.

Rempah-rempah daun mimba untuk meningkatkan imunitas tubuh selama PPKM Darurat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini