Turunkan Berat Badan, Yuk Rutin Jalan Santai Setelah Makan

Bertold Ananda, Jurnalis · Minggu 04 Juli 2021 16:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 04 481 2435306 turunkan-berat-badan-yuk-rutin-jalan-santai-setelah-makan-luL7fDF439.jpg Ilustrasi jalan santai setelah makan bisa menurunkan berat badan. (Foto: Shutterstock)

DIET dan olahraga merupakan dua hal penting dalam penurunan berat badan dengan cara yang baik dan sehat. Urutannya, Anda harus mengonsumsi lebih sedikit kalori, kemudian berolahraga untuk membakar lebih banyak kalori.

Selain itu, ada beberapa hal kecil yang dapat Anda lakukan untuk memaksimalkan upaya penurunan berat badan, yaitu jalan santai. Ini merupakan salah satu cara termudah dan efektif dalam menurunkan berat badan lho.

Sebagaimana dilansir laman Times of India, apabila Anda melakukan pola jalan santai setelah makan ini secara rutin, pastinya bisa membakar lebih banyak kalori di dalam tubuh.

Baca juga: 5 Alasan Menurunkan Berat Badan Bisa Cegah Diabetes Tipe 2 

Jalan Kaki Setelah Makan

Berdasarkan hasil studi pada tahun 2013, berjalan di treadmill selama 15 menit setelah makan mengontrol lonjakan kadar gula darah pada orang yang menderita diabetes tipe 2. Kebanyakan orang tidak terkontrol dan berat badan jadi naik karena lonjakan kadar gula darah. Maka itu, fluktuasi kadar gula darah yang lebih rendah dapat membantu orang menurunkan beberapa kilogram berat badan.

Studi lain juga mengungkapkan bahwa berjalan beberapa mil setelah makan bisa membantu memproses makanan dengan mudah pada sistem pencernaan dan bahkan mempercepat proses pencernaan. Hal ini dapat mengindari segala jenis masalah perut dan meningkatkan rasa kenyang yang lebih lama.

Ilustrasi menurunkan berat badan. (Foto: Drobotdean/Freepik)

Cara Berjalan yang Benar

Penerapannya dalam hidup sehari-hari adalah Anda harus berjalan setidaknya 15 menit setelah makan untuk mendapatkan beberapa manfaat kesehatan. Jika Anda punya waktu luang, maka bisa meningkatkan batas waktu berjalan.

Namun ada syaratnya, yaitu Anda harus melakukannya dalam waktu 1 jam setelah makan. Anda juga bisa menerapkan hal ini dengan melakukan di ruang tamu atau menaiki tangga dan turun secara berulang kali dalam kurun waktu 15 hingga 20 menit.

Baca juga: 5 Tips Menjaga Berat Badan agar Tetap Ideal saat WFH 

Kesimpulan

Untuk hasil lebih maksimal dalam masa penurunan berat badan, Anda harus berjalan setidaknya 5 kali seminggu selama 30 menit. Selain itu, bisa menggabungkan kegiatan berjalan kaki dengan latihan kardio atau angkat beban guna meningkatkan metabolisme serta membakar kalori lebih banyak.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini