4 Makanan Sehat untuk Usir Stres dan Depresi

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 06 Juli 2021 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 05 298 2435766 4-makanan-sehat-untuk-usir-stres-dan-depresi-U3ulqr5Udn.jpg Kimchi (Foto : Healthline)

Setiap orang memiliki tingkat stres masing-masing. Baik masalah pekerjaan, rumah tangga dan lainnya. Biasanya salah satu pelarian atau sedikit meredakan stres, yaitu mengonsumsi makanan manis seperti coklat karena di dalamnya.

Namun jika Anda terlalu banyak makan-makanan manis seperti coklat, akan memicu obesitas dan penyakit lainnya. Oleh karenanya Anda bisa menggantinya dengan makanan lainnya, yang juga dapat meredakan rasa stres. Seperti dikutip dari laman Health Line.

1. Teh chamomile

Teh

Chamomile merupakan ramuan obat yang telah dikenal, dan digunakan sejak zaman kuno sebagai peredam stres atau depresi secara alami. Teh dan ekstraknya telah terbukti meningkatkan tidur nyenyak, serta mengurangi gejala kecemasan lainnya.

2. Ikan berlemak

Ikan yang mengandung lemak seperti mackerel, herring, salmon , dan sarden sangat kaya akan lemak omega-3 dan vitamin D, nutrisi yang telah terbukti membantu mengurangi tingkat stres dan memperbaiki suasana hati.

Omega-3 tidak hanya penting untuk kesehatan otak dan suasana hati, tetapi juga dapat membantu tubuh mengatasi perasaan depresi. Faktanya, asupan omega-3 yang rendah dikaitkan dengan peningkatan kecemasan dan depresi pada populasi Barat.

Baca Juga ; Seksinya Kartika Berliana Pakai Kemeja Ketat, Host Euro 2020 Bikin Netizen Pusing

3. Kimchi

Kimchi

Kimchi merupakan makanan fermentasi yang biasanya terbuat dari kubis dan lobak. Makanan Fermentasi seperti kimchi dikemas dengan bakteri baik yang disebut probiotik dan tinggi vitamin, mineral, dan antioksidan.

4. Brokoli

Sayuran kucifer seperti brokoli terkenal akan manfaat kesehatannya.Makanan yang kaya sayuran silangan dapat menurunkan risiko kanker tertentu,penyakit jantung, dan gangguan kesehatan mental seperti depresi.

Brokoli merupakan beberapa sumber makanan terkonsentrasi dari beberapa nutrisi-termasuk magnesium, vitamin C, dan folat-yang telah terbukti dapatmemerangi gejala depresi. Brokoli juga kaya akan sulforaphane, senyawa sulfur yang memiliki sifat pelindung saraf dan mungkin menawarkan efek menenangkan dan antidepresan

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini