Ini Makanan yang Bisa Sehatkan Paru-Paru Selama Pandemi Covid-19

Siska Permata Sari, Jurnalis · Selasa 06 Juli 2021 03:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 05 298 2435957 ini-makanan-yang-bisa-sehatkan-paru-paru-selama-pandemi-covid-19-m24BCNLnWM.jpg Ilustrasi menjaga kesehatan paru-paru selama pandemi covid-19. (Foto: Shutterstock)

PANDEMI covid-19 masih berlangsung di Indonesia, bahkan jumlah kasus terinfeksi terus melonjak. Masyarakat pun diimbau terus menjaga kesehatan demi terhindar dari wabah penyakit. Salah satunya adalah kesehatan paru-paru.

Paru-paru merupakan salah satu organ tubuh yang bisa mengalami gejala cukup parah jika terinfeksi covid-19. Maka itu, memastikan kesehatan paru-paru di selama pandemi adalah hal penting.

Baca juga: Lendir Menumpuk di Paru-Paru, Pakai Resep Herbal Ustadz Zaidul 

Paru-paru juga memiliki peran penting dalam membantu fungsi organ tubuh bekerja dengan baik. Untuk menjaga kesehatan paru-paru, Anda perlu melakukan olahraga teratur dan makan makanan sehat.

Asupan yang baik untuk kesehatan paru-paru tidak hanya sayur dan buah-buahan, tetapi juga bahan-bahan makanan tertentu. Apa saja? Simak penjelasannya berikut ini, sebagaimana dilaporkan laman Food NDTV.

Bawang putih. (Foto: Azerbaijan Stockers/Freepik)

1. Bawang putih

Bawang putih terdiri dari flavonoid. Kandungan tersebut merangsang produksi glutathione yang membantu meningkatkan kemampuan tubuh mengempas racun dan karsinogen. Bawang putih secara umum juga dapat membantu paru-paru berfungsi lebih baik.

Baca juga: Gejala Baru Mutasi Covid-19 Langsung Menyerang Paru-Paru? Ini Faktanya 

2. Jahe

Jahe terkenal dengan sifat anti-inflamasi. Namun selain itu, jahe juga membantu detoksifikasi dan menyingkirkan polutan dari paru-paru. Mengonsumsi jahe dapat membantu mengurangi adanya sumbatan di saluran udara dan meningkatkan sirkulasi ke paru-paru, lebih jauh lagi, jahe bisa meningkatkan kesehatan paru-paru Anda.

Jahe. (Foto: Racool Studio/Freepik)

3. Cabai

Siapa yang tidak suka pedas? Kabar baik bagi pencinta pedas, karena cabai diketahui baik untuk kesehatan paru-paru. Cabai mengandung capsaicin yang membantu merangsang sekresi dan melindungi selaput lendir dari saluran pernapasan atas dan bawah.

Baca juga: Bisa Lho Bersihkan Paru-Paru dari Polusi dan Asap, Begini Caranya 

4. Kunyit

Selanjutnya ada kunyit yang memiliki sifat anti-inflamasi. Senyawa kurkumin pada kunyit membantu meredakan peradangan saluran udara dan sesak dada yang berhubungan dengan asma.

Kunyit. (Foto: Ajale/Pixabay)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini