Menkes Bentuk Satgas Khusus Cegah Pasokan Tabung Oksigen Menipis di RS

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 05 Juli 2021 12:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 05 481 2435636 menkes-bentuk-satgas-khusus-cegah-pasokan-tabung-oksigen-menipis-di-rs-ceNJoRLJaD.jpg Ilustrasi (Foto : Livescience)

PASOKAN tabung oksigen di rumah sakit menjadi hal penting dalam penanganan pasien Covid-19. Belakangan beredar pasokan tabung oksigen di beberapa daerah mulai menipis.

Pasokan tabung oksigen yang sempat menimpis ini tak luput dari perhatian Menteri Kesehatan - Menkes Budi Gunadi Sadikin. Salah satunya dengan membentuk satuan gugus tugas khusus terkait persoalan tersebut.

“Kami telah mengidentifikasi kebutuhan oksigen di masing-masing rumah sakit dan membentuk satgas oksigen di berbagai provinsi. Satgas ini akan menyesuaikan supply yang ada dengan demand di masing-masing rumah sakit dan transportasi logistiknya ke masing-masing rumah sakit dari produsen yang ada,” jelas Menkes Budi, dalam sesi jumpa pers Kemenkes, Senin (5/7/2021).

Rumah Sakit Covid-19

Menkes Budi juga telah menyiapkan strategi lain apabila supply oksigen masih mengalami kekurangan. Ia meminta Kementerian Perindustrian untuk mengkonversikan oksigen yang tadinya dialokasikan ke industri menjadi ke rumah sakit, dan kalau diperlukan maka akan mengimpor oksigen.

Baca Juga : Viral Warga Bikin Tabung Oksigen Sendiri Pakai Pompa Akuarium

Sementara itu, di kesempatan yang sama Menkes juga terus berupaya menambah fasilitas rawat inap untuk perawatan pasien Covid-19. Hal ini seiring bertambahnya jumlah positif Covid-19 yang mencapai lebih dari 25 ribu kasus dalam satu hari.

Salah satunya dengan memanfaatkan bangunan Wisma Haji yang ada di Pondok Gede, Jakarta Timur yang kini menjadi Rumah Sakit Darurat Covid-19.

“Rumah sakit sedang dalam proses menambah 900 bed di Wisma Haji Pondok Gede dan sedang dikerjakan hari ini. Pada Rabu 7 Juli 2021 diharapkan sudah bisa menerima pasien Covid-19,” tuturnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini