7 Langkah Merawat Kulit Sensitif, Dicoba Yuk!

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 05 Juli 2021 15:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 05 611 2435746 7-langkah-merawat-kulit-sensitif-dicoba-yuk-Ko6txx2shL.jpg Merawat kulit sensitif (Foto: Wow Museum)

MEMANG merawat kulit sensitif tidak mudah. Sebab kulit sensitif membutuhkan perawatan khusus.

Kulit sensitif biasanya ditandai dengan kemerahan, gatal, terkelupas, mudah terbakar, ruam, rentan berjerawat, kering, serta reaktif terhadap suatu produk.

Oleh karena itu, dilansir dari laman Bebeautiful, berikut 7 langkah yang bisa Anda lakukan untuk merawat kulit sensitif dengan benar.

 merawat kulit sensitif

1. Rawat wajahmu dengan benar

Karena kulit sensitif membutuhkan produk yang merawatnya dengan lembut sekaligus efektif, maka gunakanlah sabun wajah dengan kandungan herbal.

2. Bersikaplah lembut

Dalam perjalanan merawat kulit sensitif Anda, pastikan Anda tidak berlebihan. Gunakan produk lembut yang membersihkan dan melembabkan tanpa menjadi kasar.

Perhatikan bahan-bahannya karena yang alami seringkali merupakan solusi terbaik. Hindari membebani kulit Anda dengan produk yang tidak perlu karena dapat lebih berbahaya daripada baik untuk jenis kulit halus ini.

3. Jangan lupakan tubuhmu

Kulit sensitif bukan hanya tentang wajah, melainkan tentang tubuh juga. Untuk langkah pertama membersihkan tubuh, Anda bisa memilih sabun dengan kandungan moisturizer cream yang membersihkan dengan lembut tanpa menghilangkan kelembapan sehingga kulit bersih dan sehat.

 

4. Bekerja dengan cara Anda dari dalam

Cara pasti untuk merawat kulit sensitif Anda adalah dengan bekerja dari dalam ke luar. Dapatkan banyak pasokan vitamin, mineral, protein dan lemak baik dalam diet Anda untuk memastikan bahwa kulit Anda tetap sehat dan kenyal.

Pastikan untuk menambahkan makanan kaya anti-inflamasi seperti susu, kunyit, jahe, dan madu ke dalam diet Anda untuk meringankan kondisi kulit sensitif Anda juga.

5. Meremajakan kulit Anda di malam hari

Jika Anda memiliki kulit sensitif, Anda harus ekstra hati-hati menjaganya agar tetap sehat. Salah satu waktu terbaik bagi kulit untuk meremajakan diri adalah di malam hari, saat Anda sedang beristirahat.

Selama 7-8 jam tidur Anda, itu mendapat cukup waktu untuk meremajakan diri. Inilah sebabnya mengapa, sebelum Anda tidur, manjakan diri Anda dengan perawatan kulit. Anda akan bangun dengan kulit yang lebih bahagia dan lebih sehat.

6. Bersihkan dengan baik

Bila Anda memiliki kulit sensitif, Anda perlu ekstra hati-hati saat memilih produk perawatan kulit. Membersihkan kulit sensitif secara teratur adalah penting; Namun, pembersih biasanya mengeringkan kulit karena kandungan bahan kimia dan pengawet yang keras.

Pilih pembersih ringan yang dapat merawat kulit sensitif Anda. Selain produk pembersih, berhati-hatilah juga dengan apa yang Anda gunakan setelah menggunakannya. Handuk mungkin kasar untuk kulit, jadi pilihlah tisu pembersih wajah sebagai gantinya.

7. Jangan lupa untuk melakukan eksfoliasi

Ya, kita tahu, ada beberapa sikat dan scrub eksfoliasi mewah yang tersedia di pasaran. Namun, jika Anda memiliki kulit sensitif, Anda harus menghindari penggunaan metode mekanis atau scrubbing untuk pengelupasan kulit. Ini dapat mengiritasi kulit Anda lebih lanjut, meningkatkan kemerahan.

Untuk mengelupas kulit Anda, gunakan exfoliator kimia ringan dan bersihkan dengan kain lembut. Kuncinya adalah bersikap lembut pada kulit Anda. Lakukan eksfoliasi kulit Anda seminggu sekali untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini