Benarkah Masturbasi Efektif Tingkatkan Imunitas Tubuh?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 05 Juli 2021 19:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 05 612 2435890 benarkah-masturbasi-efektif-tingkatkan-imunitas-tubuh-UQJiI4vysM.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BERHUBUNGAN badan memang membantu sistem kekebalan tubuh. Tapi, tidak mungkin jika mereka yang menjalani isolasi mandiri harus berhubungan badan. Nah, bagi mereka yang tidak memiliki pasangan, solusinya adalah masturbasi.

Terdengar mengejutkan, namun apakah benar bahwa masturbasi dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh, serta merupakan langkah yang baik untuk mencegah Covid-19?

Melansir Insider, penelitian yang menghubungkan orgasme dengan peningkatan fungsi kekebalan tubuh sebenarnya sudah pernah dilakukan. Pada 2004, sebuah penelitian terhadap 11 pria yang diterbitkan dalam jurnal Neuroimmunomodulation menemukan bahwa gairah seksual dan orgasme mengaktifkan komponen sistem kekebalan tubuh.

Meskipun penelitian ini sangat kecil, para peneliti menemukan bahwa masturbasi meningkatkan jumlah mediator inflamasi yang disebut leukosit (sel darah putih) dan sel pembunuh alami. Keduanya melawan infeksi sebagai bagian dari respon imun tubuh.

Ahli kesehatan seksual Jennifer Berman juga mencatat bahwa penelitian ini difokuskan pada pengalaman pria, dan gairah seksual dapat mempengaruhi tubuh wanita secara berbeda. Tapi secara keseluruhan, orgasme, baik dengan pasangan atau tanpa pasangan memiliki manfaat kesehatan lain yang menarik untuk diketahui.

"Seks mengurangi stres, dan seperti olahraga yang bagus untuk jantung, paru-paru, dan sistem kekebalan Anda," kata Britney Blair, PsyD, seorang psikolog klinis dan pendiri The Clinic, sebuah klinik terapi seks di California Utara.

Sementara itu, menurut The Journal of Sexual Medicine, masturbasi juga berfungsi untuk merangsang produksi endocannabinoids. Neurotransmiter ini adalah bagian dari sistem endocannabinoid, yang memainkan peran penting dalam mengatur tubuh.

Merangsang sistem endocannabinoid seperti melalui orgasme, mungkin memiliki efek positif pada sistem kekebalan tubuh, peradangan, dan respons stres yang pada akhirnya dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini