Share

5 Cara Atasi Lelah Main Medsos di Tengah Pandemi

Wilda Fajriah, Okezone · Selasa 06 Juli 2021 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 05 612 2435913 5-cara-atasi-lelah-main-medsos-di-tengah-pandemi-sNRkmRm20k.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)

HIDUP di masa pandemi memang menguras emosi. Mulai dari dibatasinya mobilitas masyarakat, hingga sistem WFH dan meeting online yang membuat kita lebih sering berada di depan layar. Terlebih bagi Anda yang suka browsing media sosial setelah bekerja, tentunya ini dapat menyebabkan kelelahan.

Selain itu, maraknya pemberitaan mengenai Covid-19 yang sedang melonjak saat ini dapat menyayat hati. Waktu layar atau screen time dapat memengaruhi kondisi fisik dan mental kita dan sebagai seseorang yang sering online.

Karenanya, dilansir MNC Portal Indonesia dari laman Pinkvilla pada Selasa (5/7/2021), berikut 5 cara mengatasi kelelahan akibat media sosial yang bisa Anda terapkan.

Batasi paparan

Main Hp

Memantau waktu yang dihabiskan di layar Anda adalah kebiasaan pertama yang harus ditanamkan setiap orang. Salah satu masalah utama adalah pekerjaan dan aktivitas kita terikat pada layar ponsel atau laptop atau televisi.

Jadi, mungkin berguna untuk menetapkan batas pada ponsel Anda untuk aplikasi yang berbeda sehingga Anda dapat melatih diri untuk berhenti ketika Anda mencapai batas waktu yang telah ditentukan.

Berkomunikasi tatap muka

Dengan jumlah yang kita komunikasikan secara online, orang mungkin lupa bahwa percakapan tatap muka juga merupakan pilihan. Bertemu dan terlibat dalam percakapan yang bermakna dengan teman-teman Anda dengan protokol kesehatan, akan memperkuat ikatan dan memperluas pikiran Anda sekaligus menjauhkan Anda dari layar.

Perdebatan yang sehat, tawa yang baik atau berbagi perasaan Anda dalam kehidupan nyata adalah sesuatu yang kita butuhkan sebagai makhluk sosial.

Baca Juga : Psikolog Sebut Medsos Masa Kini Sudah Jadi Ladang Keuntungan

Temukan berbagai aktivitas non-layar

30 menit yang Anda habiskan untuk menatap layar bisa Anda gantikan dengan berbagai kegiatan non-layar seperti berjalan di sekitar rumah, berenang, bermain bersama keluarga, atau berolahaga yang dapat meningkatkan semangat Anda.

Cobalah dan temukan aktivitas luar ruangan yang aman dan dorong diri Anda untuk melakukannya. Melakukan aktivitas non-internet ini akan memaksa Anda untuk meletakkan ponsel Anda dan Anda akan segera menyadari bahwa begitu Anda hadir secara sadar dalam suatu aktivitas, Anda hampir tidak akan melewatkan ponsel Anda.

Baca Juga: Dua Kapal Ikan Asing Pelaku IUU Fishing Berhasil Diamankan BAKAMLA dan KKP RI

Delegasikan dan otomatisasi di mana Anda bisa

Jika Anda bergantung pada media sosial untuk bisnis Anda, masalah kelelahan media sosial menjadi jauh lebih rumit. Dalam hal ini, cobalah untuk membatasi eksposur Anda dengan mendelegasikan secara merata di antara tim Anda dan menggunakan alat yang tersedia untuk mengotomatisasi posting Anda sehingga Anda dapat merencanakan ke depan, menjadwalkan posting dan kemudian keluar dari layar.

Meditasi, istirahat dan minta bantuan

Meditasi tampak seperti konsep yang samar bagi mereka yang belum mencobanya tetapi tanyakan kepada siapa saja yang telah melakukannya dan itu akan memberitahu Anda bahwa itu mengubah hidup. Meditasi beberapa menit akan membantu Anda dengan fokus, kejelasan, dan kedamaian yang dibutuhkan untuk mengatasi rentetan informasi yang terus-menerus ini dan akibat stimulasi yang berlebihan.

Juga, mendengarkan dan memperhatikan tanda-tanda tubuh dan fisik Anda sangat penting. Jika mata Anda terasa panas, gatal atau kering, jika kepala Anda sakit atau Anda memiliki sakit leher dan punggung, semua ini adalah hasil dari berada di depan layar tanpa henti. Jadi setiap orang harus mendengarkan isyarat tubuh mereka dan berhenti sejenak dan beristirahat sesekali.

Terakhir, jika Anda terus-menerus dipicu secara online atau menghadapi peningkatan kecemasan atau kelelahan, hubungi bantuan profesional. Itu akan membuat Anda lebih baik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini