Lewat Kreasi Kain Organik, Tommy Teja Harap Industri Fashion Indonesia Semakin Maju

Siska Permata Sari, Jurnalis · Selasa 06 Juli 2021 10:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 06 194 2436137 lewat-kreasi-kain-organik-tommy-teja-harap-industri-fashion-indonesia-semakin-maju-AJAWhC2CRz.jpg Tommy Teja (Foto : Instagram/@tommyteja)

BAHAN daur ulang atau sustainable fashion kini semakin digandrungi akhir-akhir ini. Di Indonesia, salah satu pemainnya adalah Tommy Teja, entrepreneur muda yang bergelut di industri fashion sejak tahun 2016.

Dia merupakan CEO dari brand fashion Zayana Organic, Zalmon Fabric, dan Bursa Kain, yang banyak berkreasi dengan kain-kain organik.

Tommy Teja

“Di Zayana, kami menjual pakaian ready to wear buat Muslim kayak hijab, mukena, dan pashmina dari bahan-bahan yang organik kainnya. Jadi, kalau dipakai lebih dingin, lebih adem,” kata Tommy Teja dalam acara Community Week ‘Muda & Berkarya’ yang disiarkan di Live TikTok, Senin (5/7/2021).

Kain Fabrik

(Foto : [email protected])

Ada alasan tersendiri mengapa Tommy memilih menggunakan kain organik untuk brand-nya. Selain lebih nyaman dikenakan konsumen, kain organik tentu juga lebih ramah lingkungan karena terbuat dari serat-serat alami.

“Di Indonesia, yang bisnis kain itu banyak. Tapi belum ada vendor yang jual kain organik. Makanya, kita enggak cuma jual kain, tapi kita masuk ke kain organik. Kain organik ini lebih ramah lingkungan, jadi dia terbuat dari serat alami, enggak ada kandungan plastik, dan bisa terurai kembali,” jelasnya.

Baca Juga : Pandemi, Desainer Gaun Pengantin Ini Justru Banjir Pesanan: TikTok Benar-Benar Magic

Selain itu, Tommy juga mengaku ingin turut memajukan industri fashion Indonesia. Sebab, di negara tetangga, dia melihat bahwa banyak yang sudah berkreasi dengan kain organik.

“Saya juga ingin, kalau bisa, kita bikin fashion Indonesia lebih maju lagi. Seperti negara tetangga kayak di Singapura, Malaysia itu sudah banyak yang menggunakan kain organik,” ujarnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini