Pentingnya Edukasi Masyarakat soal Kesehatan, Termasuk Penyakit Vertigo

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Selasa 06 Juli 2021 16:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 06 481 2436417 pentingnya-edukasi-masyarakat-soal-kesehatan-termasuk-penyakit-vertigo-8qUH7M1rM7.jpg Vertigo hebat (Foto: Insider)

DI tengah pandemi Covid-19, masyarakat sibuk membahas penyakit Covid-19 yang makin mengganas. Padahal ada juga berbagai penyakit sehari-hari yang tak boleh diremehkan keberadaannya.

Ketua Panitia Webinar Series Fakultas Kedokteran Uhamka, Dokter Irena Ujianti, M.BioMed menjelaskan, sebenarnya edukasi kesehatan sangat diperlukan. Apalagi mengangkat tema-tema kesehatan umum yang biasa dirasakan masyarakat.

"Terutama isu kesehatan sehari-hari. Seperti sakit kepala, gangguan lambung, vertigo, perawatan kulit, kanker leher rahim, dan lainnya," jelas Dokter Irena, Selasa, (6/7/2021).

 dokter mengatasi penyakit

Pemberi materi kesehatan sendiri berasal dari pakar-pakar yang kompeten di bidang kesehatan masing-masing. "Yakni, para dokter spesialis di bidang masing-masing."

Dalam edukasi kesehatan ini, terang Dokter Irena, masyarakat umum juga bisa mendengarkan paparan kesehatan yang bisa disimak melalui aplikasi Zoom. Salah satu tajuk yang dibahas seperti soal penyakit vertigo.

"Penyakit vertigo ini kerap dialami masyarakat. Oleh karena itu dirasa perlu memberi edukasi berupa tindakan promotif dan preventif seputar vertigo," jelas Dokter Irena.

Sementara itu, Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr Ari Fahrial Syam, SpPD, menjelaskan, vertigo itu sendiri sebenarnya bukanlah diagnosis penyakit, melainkan gejala dari suatu penyakit. Pasien-pasien vertigo biasanya mengalami vertigo secara kronis dan perlu dikonsulkan ke dokter telinga hidung tenggorokan (THT) untuk evaluasi lebih lanjut.

Berbagai penyakit lain yang bisa menyebabkan terjadinya vertigo antara lain karena gangguan pada otak. Penggunaan obat-obat tertentu misal antidepresi, obat penenang, atau obat tidur bisa menyebabkan terjadinya vertigo.

Dekan Fakultas Kedokteran Uhamka Dr. dr. Wawang S. Sukarya, Sp.Og (K) MARS., MH. Kes mengatakan, edukasi kesehatan ini diharap dapat memberi kontribusi bagi masyarakat.

"Semoga kontribusi ini bisa melecut kami untuk terus memberi kemaslahatan yang lebih besar lagi," harap Dr. Wawang.

"Selain itu, kami turut menjadi ajang sharing ilmu khususnya bila ada hal-hal baru seputar penyakit sehari-hari," pungkasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini