Syarat Utama Dapat Konsultasi Dokter dan Obat Gratis dengan 11 Platform Telemedicine

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 06 Juli 2021 12:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 06 612 2436262 syarat-utama-dapat-konsultasi-dokter-dan-obat-gratis-dengan-11-platform-telemedicine-lpGaoDCPDA.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)

BANYAKNYA masyarakat yang melakukan isolasi mandiri akibat terpapar Covid-19 membuat Kementerian Kesehatan berupaya memberikan layanan kesehatan yang layak dan benar. Kemenkes telah bekerjasama dengan 11 platform telemedicine yang akan memberikan jasa konsultasi dan jasa pengiriman obat secara gratis kepada pasien Covid-19 bergejala ringan maupun tanpa gejala yang melakukan isolasi.

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa layanan telemedicine ini sengaja diberikan untuk mempermudah masyarakat yang terinfeksi Covid-19 mendapatkan perawatan dan pengobatan yang benar tanpa harus mengantre dan pergi ke rumah sakit. Sebab saat ini kamar rumah sakit hanya dikhususkan untuk merawat pasien dengan gejala sedang, berat, dan kritis.

Menkes Budi

“Kemenkes bekerjasama dengan 11 platform medicine yang kemarin sudah diluncurkan pak menko agar mereka bisa tetap berkonsultasi dengan dokter dan bisa dapat layanan obat gratis dari Kemenkes. Layanan telemedicine dengan 11 platform ini dilakukan di DKI Jakarta untuk sementara,” kata Menkes Budi, dalam sesi jumpa pers di channel YouTube Sekertariat Presiden, Selasa (6/7/2021).

Baca Juga : Menkes Siapkan 7 Ribu Tempat Isolasi dan 950 Kamar RS Tangani Kasus Covid-19

Adapun 11 platform telemedicine yang bisa diakses masyarakat untuk mendapatkan jasa konsultasi dan pengobatan gratis dapat di klik di link ini:

1. Alodokter, https://bit.ly/alodokter-isoman

2. GetWell, https://play.google.com/store/apps/details?id=id.paquesid.getwell

3. Good Doctor, https://gooddoctor.onelink.me/Cmiw/efeba7ae dan GrabHealth, https://grab.onelink.me/2695613898/fe73b8c5

4. Halodoc, Bit.ly/isoman_halodoc

5. KlikDokter, https://bit.ly/kd-kemenkes-isoman

6. KlinikGo, https://klinikgo.com/isoman

7. Link Sehat https://link.linksehat.com/mRMf

8. Milvik Dokter, https://milvik.id/about-us/

9. ProSehat, https://prosehat.com/wa

10. SehatQ, https://sehatqapp.onelink.me/bgzy?

11. YesDok, https://bit.ly/ISOMAN-YesDok

Pada saat yang bersamaan, Menkes Budi juga menjelaskan mengenai syarat utama agar masyarakat bisa menikmati layanan telemedicine dari 11 platform yang telah disediakan oleh Kemenkes.

“Layanan juga berlaku untuk orang yang sudah dikonfirmasi positif Covid-19 dan ada dalam database Kemenkes. Jadi harus positif Covid-19 dulu sehingga tidak ada abuse sesuatu yang tidak baik. Konsultasi akan digratiskan oleh telemedicine, dan obatnya akan digratiskan oleh Kemenkes,” lanjutnya.

Menkes Budi berharap agar strategi yang dilakukan Kemenkes ini dapat direplikasikan ke daerah lain. Terutama pada wilayah yang berpotensi mengalami kenaikan kasus Covid-19.

“Saya berterima kasih kepada pemerintah Jawa Barat yang telah menjalankan telemedicine ini dan berharap bisa dijalankan ke daerah-daerah yang lain. Kita perlu juga mendapatkan tempat tidur isolasi dan tempat tidur rumah sakit di daerah lain. Ini akan kami replikasikan,” tuntasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini