Efektifkah PPKM Darurat? Ini Jawaban Menko Luhut

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 06 Juli 2021 21:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 06 612 2436594

PANDEMI covid-19 yang makin buruk membuat pemerintah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat alias PPKM Darurat mulai 3 hingga 20 Juli 2021. Namun, apakah keputusan pemerintah ini berjalan efektif?

Sebagaimana diketahui, sebelumnya Indonesia telah menerapkan PPKM Mikro yang terus diperpanjang berjilid-jilid. Sebelumnya lagi pernah dilakukan PSBB, namun nyatanya kasus covid-19 masih belum dapat teratasi. Hal inilah yang menyebabkan perasaan ragu di masyarakat.

Baca juga: PPKM Darurat, Ini 6 Kegiatan di Rumah yang Bisa Dilakukan Bersama Anak 

Menjawab hal tersebut, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan bahwa PPKM Darurat bisa tidak berjalan efektif apabila masih tidak ada disiplin. Sebab saat ini masih banyak masyarakat yang berbicara dengan pikiran-pikiran sendiri.

Info grafis PPKM Darurat. (Foto: Okezone)

"Padahal covid-19 ini enggak ada yang bisa duga. Saya lama di Kopassus selama 21 tahun, kita dalam teori sudah diajarkan cara melawan musuh. Tapi kan kita tidak tahu musuh datangnya dari mana. Covid-19 ada di mana-mana dan kita tidak tahu," kata Luhut, dikutip dari podcast YouTube Deddy Corbuzier, Selasa (6/7/2021).

Baca juga: Yuk Bikin Donat Kentang Empuk ala Susi Pudjiastuti, Cocok untuk Camilan di Rumah 

Ia pun menjelaskan bahwa covid-19 merupakan tanggung jawab moral dan masalah kemanusiaan. Oleh karena itu, masyarakat diminta sadar dan bisa mengerti untuk saling melindungi satu sama lain.

"Kalau saya yang salah dan kena covid-19, it's okay. Tapi kalau akibatnya menimbulkan dampak kepada orang lain, itu adalah tanggung jawab moral seseorang. Sebab, covid-19 adalah masalah kemanusiaan," tambahnya.

Lebih lanjut Luhut mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo tidak bicara hanya ekonomi saat terjadi pandemi covid-19. Kepala Negara justru memerhatikan nasib rakyat kecil yang paling terimbas selama PPKM Darurat ini.

"Sebab jika pandemi ini terus berlarut, yang paling menderita adalah rakyat kecil. Presiden itu meminta untuk berbicara berimbang," tuntasnya.

Baca juga: Deretan Vitamin dan Mineral untuk Membantu Mengatasi Cemas 

Info grafis PPKM Darurat. (Foto: Okezone)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini