3 Tips Cegah dan Hilangkan Bekas Jerawat, Salah Satunya Keramas

Antara, Jurnalis · Selasa 06 Juli 2021 22:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 06 612 2436604 3-tips-cegah-dan-hilangkan-bekas-jerawat-salah-satunya-keramas-j1k7yM6GMS.jpeg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PANDEMI yang belum juga usai memang membuat banyak orang semakin stres. Stres pun bisa berakibat pada banyak hal, mulai dari kesehatan fisik hingga kesehatan kulit kita, salah satunya adalah kulit wajah.

Tidak bisa dipungkiri, stres yang dialami seseorang akan membuat seseorang mengalami masalah jerawat. Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang paling umum. 

Selain stres, munculnya jerawat dapat disebabkan oleh kebiasaan dan gaya hidup sehari-hari; mulai dari kebiasaan menyentuh wajah saat tangan kotor, begadang, mengonsumsi junk food, makanan manis, dan lainnya.

Terdapat sejumlah kiat untuk merawat dan menghilangkan bekas jerawat dari brand kecantikan lokal Y.O.U, dikutip dari siaran resminya pada Selasa.

Jerawat

Cuci wajah dua kali sehari

Mencuci wajah secara teratur dan menjaga kebersihan kulit setidaknya dua kali sehari. Tepatnya, cuci muka setiap pagi dan sore hari setelah beraktivitas seharian. Tujuannya adalah untuk menghilangkan debu, kotoran, sel-sel kulit mati yang menempel, dan mencegah pembentukan jerawat baru.

Akan tetapi, perlu diingat membersihkan wajah terlalu sering dapat merusak lapisan asam pada kulit. Juga, penting untuk selalu mencuci wajah dengan tangan yang bersih. Hindari menggunakan alat pembersih wajah karena kebersihannya belum bisa dipastikan.

Gunakan tabir surya setiap hari

Paparan sinar matahari dapat mempengaruhi berbagai hal pada kulit wajah yang menyebabkan peradangan pada kulit dan memperburuk kondisi kulit yang sedang berjerawat.

Sinar UV yang dipancarkan oleh matahari dapat merusak lapisan pelindung kulit (skin barrier) yang meningkatkan produksi minyak dan membentuk jerawat baru pada kulit.

Dengan menggunakan tabir surya, kulit Anda akan terlindungi dari sinar UV terutama epidermis kulit dan pelindung kulit yang akan membantu menghalangi sinar yang dapat menembus lapisan kulit.

Cuci rambut secara teratur

Rambut dekat dengan wajah. Tanpa disadari, wajah kita sering bersentuhan dengan rambut. Oleh karena itu, kebersihan rambut penting untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat. 

Rambut yang kotor dapat memicu timbulnya jerawat di wajah. Jadi, pastikan jaga kebersihan rambut kamu dan cuci secara teratur.

Hindari menyentuh wajah saat beraktivitas

Seperti disebutkan sebelumnya, menyentuh wajah dengan tangan yang kotor adalah kebiasaan buruk sehingga dapat menimbulkan jerawat. Ada banyak bakteri dan kotoran di tangan yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan breakout.

Untuk menghindari hal ini, cuci tangan secara teratur dan gunakan tisu yang bersih ketika kamu harus menyentuh wajah. Perlu diingat, bersihkan tangan dari hal-hal yang selalu Anda gunakan setiap hari seperti ponsel, alat makeup, dan handuk.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini