5 Kebiasaan Orang Jepang yang Bikin Mereka Panjang Umur

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 08 Juli 2021 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 07 481 2437039 5-kebiasaan-orang-jepang-yang-bikin-mereka-panjang-umur-3AoDFh13Qz.jpg 5 kebiasaan orang Jepang bikin panjang umur (Foto : Healthline)

5 Kebiasaan orang Jepang membuat mereka memiliki rata-rata harapan hidup hingga 100 tahun. Bahkan, jika di Indonesia umur 60-70 tahun sudah pensiun, pria berusia 75 tahun di Jepang masih sanggup untuk bekerja di pabrik lho!

Sebenarnya, apa sih rahasia orang Jepang panjang umur? Tentunya badan yang sehat. Nah, untuk mendapatkan tubuh yang sehat seperti orang Jepang, ada kebiasaan yang mungkin bisa Anda terapkan di dalam hidup Anda.

Karenanya, dilansir MNC Portal Indonesia dari laman Today pada Kamis (8/7/2021), berikut 5 kebiasaan yang dilakukan orang Jepang sehingga mereka dapat hidup sehat dan berumur panjang.

Makan rumput laut

5 kebiasaan orang jepang

(5 kebiasaan orang Jepang, Foto : Healthline)

Makanan orang Jepang dipenuhi dengan banyak nabati yang bergizi, terutama rumput laut. Ada banyak bentuk berbeda dari makanan pokok Jepang ini dan meskipun mereka bervariasi dalam jumlah nutrisi yang mereka suplai, sebagian besar tanaman laut dikemas dengan mineral, seperti yodium, tembaga dan besi, bersama dengan antioksidan, protein, serat, dan lemak omega-3 yang bermanfaat.

Anda bisa makan camilan rumput laut sebagai pengganti biskuit atau keripik atau menghancurkannya di atas popcorn atau sayuran panggang untuk menambah rasa dan nutrisi. Jika Anda ingin lebih berani, cobalah salad rumput laut, yang biasanya terbuat dari wakame, sejenis rumput laut yang juga digunakan dalam sup.

Konsumsi makanan laut

Satu hal yang membuat diet Jepang begitu sehat adalah fokusnya pada makanan laut. Jepang memiliki tingkat penyakit jantung terendah di dunia dan pria Jepang paruh baya, dibandingkan dengan rekan-rekan dari negara lain, memiliki lebih sedikit kolesterol yang menumpuk di arteri mereka, yang dikaitkan dengan konsumsi makanan laut yang tinggi.

Ikan dan kerang tinggi protein dan rendah lemak jenuh, dan meskipun jumlah omega-3 berbeda di antara berbagai jenis makanan laut, semua makanan laut memasok nutrisi penting ini. Makan makanan laut hanya dua kali seminggu tidak hanya terkait dengan kesehatan jantung yang lebih baik, tetapi juga kesehatan otak dan emosional yang lebih baik.

Baca Juga : 4 Potret Prilly Latuconsina Makin Memesona, Warisi Kecantikan Ibunda!

Minum teh hijau

5 kebiasaan orang jepang

(5 kebiasaan orang Jepang, Foto : Healthline)

Teh hijau bisa dibilang salah satu minuman paling sehat dan meminumnya adalah kebiasaan sehari-hari di Jepang. Teh hijau kaya akan antioksidan polifenol yang mengurangi peradangan, melindungi sel dari jenis kerusakan yang dapat memicu penyakit kronis, dan memberi makan bakteri ramah di usus Anda, tempat sebagian besar sel kekebalan dan neurokimia yang meningkatkan suasana hati.

Teh hijau tanpa pemanis adalah minuman yang sempurna, tetapi Anda juga dapat menggunakan teh hijau yang direndam sebagai bahan dasar cair dalam smoothie, oatmeal, atau bahkan beras merah atau quinoa.

Makan sampai hampir kenyang

5 kebiasaan orang jepang

(5 kebiasaan orang Jepang, Foto : Healthline)

Dengan pola pikir ini, Anda makan sampai Anda merasa nyaman, tetapi Anda masih memiliki ruang di perut Anda. Intinya, ini adalah bentuk makan yang penuh perhatian dan memungkinkan makan cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh Anda tanpa berlebihan.

Jika Anda ingin berlatih makan sampai hampir kenyang, mulailah dengan menyesuaikan sinyal lapar dan kenyang Anda. Anda mungkin bertanya pada diri sendiri, “Seberapa lapar saya?” di awal makan, yang dapat membantu memandu seberapa banyak Anda harus melayani diri sendiri.

Teknik-teknik ini dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan kalori tubuh Anda dengan lebih baik serta mendapatkan lebih banyak kenikmatan dari makanan Anda.

Pertahankan lingkaran sosial yang kuat

Tetap terhubung secara sosial dibangun dalam budaya Jepang, dan itulah alasan mengapa orang Jepang menikmati kesejahteraan fisik dan emosional yang lebih baik hingga usia tua. Di Jepang, integrasi sosial dapat terjadi dalam beberapa cara.

Jika Anda merasa terisolasi atau kesepian, cari cara untuk terhubung dengan teman, keluarga, dan komunitas Anda. Luangkan waktu untuk berbicara di telepon atau melalui Zoom atau dapatkan teman baru dengan bergabung dengan grup Facebook atau komunitas online lainnya dari orang-orang dengan minat yang sama.

Kelompok agama adalah cara lain untuk terhubung dengan komunitas Anda, memerangi kesepian dan menikmati kesehatan dan kesejahteraan yang lebih baik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini