Tips Memakai Sunscreen untuk Cowok, Lindungi Kulitmu Guys!

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 07 Juli 2021 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 07 611 2436710 tips-memakai-sunscreen-untuk-cowok-lindungi-kulitmu-guys-ox8X6N10W0.jpg Tips memakai sunscreen untuk cowok (Foto : Mensjournal)

Tips memakai sunscreen untuk cowok kini semakin banyak dicari. Karena, sunscreen atau tabir surya merupakan salah satu produk yang wajib ada pada rangkaian skincare, baik laki-laki maupun perempuan. Pemakaian sunscreen berguna untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV dari matahari.

Terlebih bagi para pria yang biasanya lebih sering beraktivitas baik di dalam maupun di luar, menggunakan sunscreen merupakan hal yang tidak boleh dilewatkan. Melansir US Dermatology pada Rabu (7/7/2021), berikut 5 tips menggunakan sunscreen untuk cowok yang perlu Anda ketahui.

Gunakan sunscreen setiap hari

tips memakai sunscreen untuk cowok

(Tips memakai sunscreen untuk cowok, Foto: Mensjournal)

Banyak dari kita menghabiskan sebagian besar waktu di dalam ruangan, terlebih di masa PPKM seperti saat ini. Meskipun ini secara signifikan mengurangi risiko kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari, itu tidak sepenuhnya menghilangkan risiko.

Bahkan di dalam mobil, rumah, dan gedung perkantoran kita, jenis sinar UV tertentu dapat mencapai kulit Anda melalui jendela. Tabir surya dapat dioleskan dengan cepat hanya pada bagian tubuh yang akan terkena sinar matahari (wajah, kepala, leher, lengan, tangan, dll). Jika Anda akan berada di luar ruangan untuk waktu yang lama, pastikan untuk menggunakannya setiap 2 jam.

Perhatikan kandungan sunscreen

Secara umum, menggunakan tabir surya berbasis mineral atau kimia/sintetis dapat memiliki efek samping dalam jangka waktu yang lama. Karenanya, ada baiknya Anda memilih sunscreen dengan kandungan mineral.

Baca Juga : Perlukah Gunakan Tabir Surya saat Musim Hujan?

Pilih kandungan SPF yang benar

Selain memilih tabir surya yang sesuai dengan jenis kulit Anda, Anda perlu memilih sun protection factor (SPF) yang tepat. Rekomendasi paling umum untuk memakai tabir surya adalah dengan SPF minimal 30. Secara teoritis, SPF 30 dapat memblokir 97% sinar UV dan memberi Anda semua perlindungan matahari yang Anda butuhkan.

Mengetahui area yang perlu cakupan ekstra

tips memakai sunscreen untuk cowok

(Tips memakai sunscreen untuk cowok, Foto: Mensjournal)

Setiap bagian tubuh yang akan menerima paparan sinar matahari secara teratur perlu dilapisi tabir surya setiap hari. Ini termasuk tangan, wajah, leher, dan telinga. Untuk pria yang mengalami kebotakan, sangat penting untuk melindungi kulit sensitif di kepala.

Hindari menghabiskan waktu di luar untuk jangka waktu yang lama

Sinar UV matahari paling mungkin menyebabkan kerusakan selama jam sibuk dari pukul 10 pagi hingga 4 sore. Jika Anda akan berada di luar ruangan selama jam-jam tersebut, pastikan untuk menggunakan tabir surya secara teratur. Anda juga harus menutupi, mencari tempat berteduh, dan beristirahat di dalam ruangan jika memungkinkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini