Share

Tetap Stylish Meski di Rumah Aja, Ini Inspirasi Outfit Kece dari Produk Lokal

Rizqa Leony Putri , Okezone · Kamis 08 Juli 2021 16:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 08 12 2437611 tetap-stylish-meski-di-rumah-aja-ini-inspirasi-outfi-t-kece-dari-produk-lokal-zJi7IQoDBU.jpg Foto: Dok Wonderful Indonesia

JAKARTA - Angka kasus Covid-19 yang terus melonjak hingga saat ini mengharuskan masyarakat untuk tetap berada #DiRumahAja. Terlebih, semenjak ditetapkannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat pada 3-20 Juli 2021.

Kebijakan ini dipilih Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo demi menekan angka penularan kasus Covid-19. Meski begitu, masyarakat tetap harus bekerja, belajar hingga melakukan berbagai pertemuan secara daring dari kediamannya masing-masing.

Kegiatan tersebut tentunya memerlukan padanan outfit yang menarik dan berkualitas. Sebab penampilan yang menarik tak hanya membantu Anda untuk tampil prima, tetapi juga dapat mendongkrak mood yang berdampak pada produktivitas. Yuk, cek inspirasi produk fesyen lokal berikut ini!

1. Batik

 

(Foto: Instagram @batikkainkami)

Saat ini, batik menjadi salah satu pilihan outfit sehari-hari yang kerap diandalkan dalam berbagai kegiatan. Motif dan coraknya yang beragam membuat batik semakin sering dipakai untuk keseharian, tak terkecuali dalam beraktivitas selama berada #DiRumahAja.

Batik yang dapat diaplikasikan sebagai kemeja, blus, rok, celana dan lain-lain ini juga memiliki beragam motif dan jenis dari tiap daerah yang ada di Indonesia. Salah satunya, batik tulis Pamekasan yang kini tengah naik daun setelah menjadi suvenir yang diberikan Puteri Indonesia RR Ayu Maulida Putri kepada seluruh peserta Miss Universe 2021 di Amerika Serikat.

Uniknya, batik bisa dipadupadankan dengan berbagai bahan seperti organza, lurik hingga bahan denim. Beberapa pilihan batik berkualitas dapat Anda dapatkan di batikkainkami, mahestri_id, Apikmen, Loli Wear, hingga gallery_arae yang menawarkan koleksi batik eco printing.

2. Masker Kain

 

(Foto: Instagram @tioriabycamaria.official)

Masker kain kini menjadi hal yang wajib dikenakan di masa pandemi Covid-19. Seperti diketahui, pemerintah telah menetapkan protokol kesehatan 6M yang harus diterapkan selama masa pandemi, seperti mencuci tangan dengan sabun, memakai masker yang benar, menjaga jarak, menghindari keramaian, menghindari makan bersama, serta mengurangi mobilitas.

Selain dapat dipakai sebagai pelapis masker medis untuk memberikan keamanan ekstra, masker kain hadir sebagai barang fesyen baru yang dapat dipadupadankan dengan busana yang dipakai. Beberapa di antaranya, yaitu masker kain produksi tioriabycamaria.official, sepintalbenangrembulan, Petang Hari, Djedjak Daun, Srengenge dan lainnya.

Memiliki berbagai motif yang menarik, masker kain ini juga hadir dengan beragam warna yang dapat menunjang penampilan sehari-hari. #BeliKreatifLokal masker kain juga bukanlah hal yang sulit, beragam motif dan warna ditawarkan berbagai produsen melalui platform belanja online yang sangat mudah diakses.

Baca Juga: 4 Zodiak Pencinta Fashion, Selalu Tampil Trendy dan Stylish!

3. Sepatu Lokal

 

(Foto: Instagram @pijakbumi)

Sepatu menjadi salah satu yang tak bisa luput dari serangkaian outfit. Selain fungsi utamanya sebagai pelindung, sepatu juga sangat membantu mendukung tampilan dan gaya di berbagai kesempatan, tak terkecuali dengan jenis sneakers yang kini tengah digandrungi.

Meski sedang berada #DiRumahAja, pemakaian sepatu seringkali tetap diperlukan dalam menghadiri berbagai kegiatan yang berlangsung secara daring. Berpadu dengan atasan blus maupun kemeja, serta rok maupun celana, sneakers tetap dapat menampakkan keberadaannya sebagai pencuri perhatian.

Saat ini, banyak sekali produsen sepatu lokal #DiIndonesiaAja yang menghadirkan beragam jenis model sneakers yang siap menunjang penampilan. Meski pilihan warna monokrom banyak diminati, warna yang nyentrik juga dapat diandalkan untuk membuat tampilan terkesan lebih segar. Beberapa produk sepatu lokal dapat dengan mudah Anda temui, seperti Pijakbumi, Patrobas, Compass, Piero, Ventela, Geoff Max Footwear, NAH Project, Walko dan Brodo.

4. Kain Tenun

 

(Foto: Instagram @emmythee123)

Outfit berbahan dasar kain tenun nampaknya tengah banyak digemari masyarakat. Kain yang identik dengan kentalnya sentuhan adat ini nyatanya sangat indah bila dijadikan pakaian untuk beraktivitas sehari-hari.

Padanan kain tenun cocok dikenakan baik pada acara yang bersifat resmi ataupun yang relatif lebih santai. Kain tenun yang ditawarkan produsen lokal seperti Etnico Wear ini juga memiliki banyak pilihan warna dan motif dari Sumba, Yogyakarta, hingga Papua yang dapat disesuaikan dengan celana, rok maupun hijab.

Tak hanya itu, beragam produk tenun lokal lainnya juga tak kalah menarik perhatian dengan desainnya yang menawan. Mereka di antaranya, seperti Qaireen Moez, Okainku, Tenun eBoon, Zarming, Boolao, serta beragam produk tenun lokal lainnya.

5. Hijab Lokal

(Foto: Instagram @kujumuli)

Bicara tentang outfit, nampaknya kurang lengkap jika tidak membahas soal hijab. Salah satu instrumen penting dari fesyen Muslim ini memang tengah berkembang cukup pesat di Tanah Air.

Hijab tentunya sangat dibutuhkan dalam berkegiatan sehari-hari, termasuk ketika sedang berada #DirumahAja pada masa pandemi ini. Pilihan warna monokrom tentunya cocok diaplikasikan dengan banyak warna outfit pilihan. Namun, hijab bermotif juga tak kalah sempurna untuk mendongkrak penampilan agar tak membosankan.

Produsen hijab lokal dari berbagai daerah di Indonesia kini juga sudah banyak memamerkan koleksinya yang tak hanya indah, tetapi juga berkualitas. Harganya pun bervariasi, bergantung pada jenis bahan, motif, serta kerumitan pengerjaannya. Beberapa pilihan produk hijab lokal seperti Amedyan.co, Kujumuli, Vandeesa, Hijab Kiya, dan lain-lain. Tunggu apa lagi? Yuk, #BeliKreatifLokal sekarang juga!

Dengan membeli produk lokal, Anda juga membantu produsen lokal untuk terus bertahan di tengah pandemi Covid-19. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengungkapkan, adanya pandemi Covid-19 telah memperlihatkan betapa gigihnya masyarakat Indonesia, terutama pelaku ekonomi kreatif untuk berkolaborasi, beradaptasi dan berinovasi.

“Saya mendukung penuh berbagai inisiatif yang dapat memajukan brand lokal untuk terus berkembang dan menguatkan satu sama lain,” ujarnya.

Menparekraf Sandiaga Uno juga mengajak masyarakat Indonesia untuk selalu #BanggaBuatanIndonesia dan mencintai produk lokal. Tentunya, dengan selalu menggunakan produk lokal dalam kehidupan sehari-hari. “Produk lokal tidak kalah istimewanya dengan produk luar negeri,” ucapnya.

Kalau sudah tampil kece dengan produk-produk lokal, Anda bisa mengikuti Video Kompetisi TikTok Hashtag Challenge #DiIndonesiaAja. Caranya sangat mudah, Anda hanya tinggal membuat konten kreasi video TikTok berdurasi maksimal 15 detik.

Jangan lupa untuk menggunakan efek #DiIndonesiaAja dan backsound jingle ‘Aku Cinta Indonesia’. Lalu, upload video kreasi tersebut dengan hashtag #DiIndonesiaAja dan mention @indonesia.travel. Mudah bukan?

Pastikan Anda #BeliKreatifLokal secara online agar dapat membatasi mobilitas di luar rumah, ya! Jika tetap harus bekerja di luar, maka pastikan juga untuk selalu menerapkan protokol kesehatan 6M demi menjaga diri sendiri dan orang-orang tersayang di rumah Anda.

Jangan lupa jalani vaksinasi demi menekan angka penyebaran virus Covid-19 di Tanah Air. Follow akun Instagram @pesonaid_travel untuk mengobati kerinduan Anda akan travelling #DiIndonesiaAja dan informasi menarik lainnya.

CM

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(yao)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini