Tips Ajarkan Anak Cara Cuci Tangan Selama Isolasi Mandiri

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 08 Juli 2021 12:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 08 481 2437435 tips-ajarkan-anak-cara-cuci-tangan-selama-isolasi-mandiri-O4r1kh3SEo.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

KASUS Covid-19 pada anak semakin meningkat. Pemprov DKI Jakarta mencatat pada 17 Juni 2021 ada sebanyak 661 kasus Covid-19 pada anak usia 0-18 tahun dan sebanyak 144 di antaranya adalah kelompok anak di bawah lima tahun (Balita). Tentunya angka ini akan terus meningkat seiring dengan meledaknya kasus Covid-19 di Indonesia.

Sebenarnya penyebaran Covid-19 pada anak bisa dicegah sejak dini. Namun diperlukan edukasi dan pemahaman yang baik dari para orangtua maupun pengasuh tentang pentingnya menjaga kebersihan selama masa pandemi Covid-19.

Salah satu hal yang bisa diajarkan kepada anak adalah cara cuci tangan yang baik dan benar. Sebab, mencuci tangan terbukti dapat menghentikan penyebaran kuman.

Cuci Tangan

Merangkum dari laman resmi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Kamis (8/7/2021), berikut panduan mencuci tangan yang baik dan benar kepada anak, berikut dengan tips menjaga kebersihan rumah agar terhindar dari Covid-19.

1. Basahi tangan dengan air dan sabun gosok kedua telapak tangan.

2. Gosok area punggung tangan.

3. Gosok area sela jari tangan.

4. Gerakkan mengunci tangan.

5. Gosok area ibu jari dengan cara memutar.

6. Gosok memutar ujung-ujung jari tangan.

Baca Juga : 5 Tips Pilih Sabun Cuci Tangan agar Kulit Tidak Kering

Selain itu anak juga harus diberikan edukasi mengenai etika batuk dan bersin yang baik dan benar agar tidak menularkan penyakit ke orang yang ada di sekitarnya. Caranya dengan menutup mulut dan hidung menggunakan tisu. Jika tidak ada tisu, maka tutup mulut dan hidung menggunakan lengan atas bagian dalam.

Selain itu menjaga kebersihan dengan mendisinfeksi ruangan juga perlu dilakukan untuk menjamin lingkungan rumah dalam keadaan steril dan terbebas dari kuman penyakit. Caranya dengan rutin membersihkan area rumah yang sering disentuh seperti:

1. Gagang pintu.

2. Keran.

3. Toilet.

4. Westafel.

5. Sakelar.

6. Meja.

7. Kursi.

Pembersihan dapat dilakukan dengan menggunakan campuran air dan sabun atau deterjen. Anda juga bisa membersihkan benda-benda tersebut dengan cairan disinfektan khusus apabila memilikinya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini