Ini 6 Kebiasaan Baik untuk Tingkatkan Imunitas Selama Pandemi Covid-19

Bertold Ananda, Jurnalis · Jum'at 09 Juli 2021 03:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 08 481 2437523 ini-6-kebiasaan-baik-untuk-tingkatkan-imunitas-selama-pandemi-covid-19-AmcdqmJ5GW.jpg Ilustrasi kebiasaan baik untuk tingkatkan imunitas tubuh selam pandemi covid-19. (Foto: Senivpetro/Freepik)

KASUS covid-19 di Indonesia saat ini masih menunjukkan peningkatan. Mengharuskan semua masyarakat peduli akan kesehatan guna menghindari infeksi wabah penyakit berbahaya tersebut.

Betapa pentingnya saat ini menjaga imunitas atau kekebalan tubuh. Salah satu caranya dengan menerapkan pola kebiasaan baik mengatur kadar makan dan gaya hidup sehat.

Baca juga: Krisdayanti Tingkatkan Imunitas dengan Wushu, Mirip Pendekar Pedang! 

Hal tersebut adalah cara terbaik memperkuat kekebalan tubuh. Bisa juga dengan kebiasaan sehat dan diet seimbang, ditambah aktivitas fisik seperti olahraga dalam bentuk apa pun.

Nah, apa saja kebiasaan baik yang bisa meningkatkan imunitas tubuh selama pandemi covid-19? Berikut daftarnya, seperti dilansir laman Feminaindia, Kamis (8/7/2021).

1. Kumur dengan minyak kelapa murni

Mulut merupakan tempat jutaan mikroba, termasuk bakteri. Maka itu, lakukan hal ini untuk membantu menyingkirkan bakteri ini melalui penggosokan minyak di mulut dan di sela-sela gigi. Langkah ini tidak hanya membersihkan mulut, tapi juga membantu membasmi bakteri yang hinggap di mulut.

Minyak kelapa murni yang diperas adalah makanan baik yang direkomendasikan karena segudang manfaat kesehatannya. Hal itu disebabkan minyak kelapa mengandung vitamin E, asam laurat, dan asam kaprilat yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh serta memperkuat sistem kekebalan tubuh dan memiliki sifat anti-virus.

Tambahkan 2 sendok minyak kelapa murni ke dalam makanan setiap hari bisa mempertahankan pola hidup sehat dan holistik.

Minyak kelapa. (Foto: Jcomp/Freepik)

2. Konsumsi buah dan sayur serta makanan tinggi protein

Mulailah dari sekarang mengubah pola makan. Mulailah mengonsumsi buah-buahan, sayuran, serta makanan sumber protein. Sebab, mengonsumsi makanan tersebut kaya akan nutrisi dan antioksidan yang dapat membantu melawan patogen berbahaya serta membantu mengurangi radikal bebas.

3. Gunakan masker dua lapis jika beraktivitas di tempat umum

Ini merupakan kebiasaan baru yang harus diterapkan sebagai tindakan pencegahan covid-19 di tempat umum. Memakai masker dapat melindungi diri sendiri dan orang lain dari virus. Masker juga memiliki manfaat tambahan untuk melindungi Anda dari alergi luar ruangan.

Baca juga: 4 Cara Tingkatkan Imunitas Anak, Ayah-Bunda Wajib Tahu Ya 

4. Konsumsi kopi hijau

Biji kopi hijau adalah biji kopi yang tidak dipanggang yang mempertahankan asam klorogenik (CGA). Asam klorogenik membantu penurunan berat badan dan mengurangi lemak tubuh, obesitas, serta meningkatkan pemecahan asam lemak di hati hingga mengurangi sintesis asam lemak dan kolesterol. Mengonsumsi kopi hijau secara berkala juga dapat menurunkan risiko diabetes tipe-2.

5. Konsumsi madu

Madu dipercaya dan digunakan banyak orang untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Ini disebabkan madu merupakan pemberi energi yang hebat dan memiliki sifat antibakteri serta antiseptik. Selain itu, madu murni mengandung anti-oksidan alami yang mendukung kekebalan imun secara keseluruhan. Namun hati-hati dalam memilih madu, banyak madu palsu yang beredar di pasaran.

Baca juga: PPKM Darurat, Yuk Tingkatkan Imunitas dengan Konsumsi 6 Rempah-Rempah Ini 

6. Maksimalkan waktu untuk beristirahat

Ini yang paling penting dan terkadang sering dilupakan sebagian masyarakat. Pentingnya meluangkan waktu untuk diri sendiri bersantai, berolahraga, dan beristirahat. Jaga diri tetap ceria dan bebas stres. Menghilangkan stres dan kecemasan adalah kunci kesehatan kekebalan tubuh. Kebiasaan sederhana seperti tidur yang cukup dan minum air putih akan meningkatkan kinerja tubuh secara keseluruhan.

Istirahat tidur. (Foto: Yanalya/Freepik)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini