Indonesia Butuh 1.700 Ton Suplai Oksigen per Hari Selama PPKM Darurat

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 08 Juli 2021 18:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 08 481 2437709 indonesia-butuh-1-700-ton-suplai-oksigen-per-hari-selama-ppkm-darurat-FBMM1Nhpnw.jpg Jubir Kemenkominfo Dedi Permadi (Foto : YouTube/BNPB Indonesia)

Angka kasus konfirmasi Covid-19 yang semakin melonjak setiap harinya, bukan hanya berdampak pada tingkat keterisian rumah sakit. Tapi juga kebutuhan akan pasokan tabung oksigen untuk para pasien Covid-19.

Dari keterangan Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Dedi Permadi dalam siaran langsung Keterangan Pers Harian PPKM Darurat melalui akun Youtube BNPB, Kamis (8/7/2021), penambahan kasus yang tinggi setiap harinya membuat kebutuhan suplai oksigen diperkirakan mencapai 1.700 ton oksigen per hari sampai di tanggal 20 Juli mendatang.

Berbanding lurus dengan kebutuhan suplai oksigen di atas, maka juga akan dibutuhkan sekitar 4.700 konsentrator oksigen untuk pemenuhan kebutuhan tersebut.

PPKM Darurat

Dengan kebutuhan tersebut, Dedi menyebutkan Menko Marves RI sekaligus Ketua Koordinator PPKM Darurat, Luhut Binsar Pandjaitan telah meminta Kemenperin untuk segera merealisasikan ketersediaan oksigen.

“Menko Marves RI, Luhut Binsar Pandjaitan telah meminta Kemenperin untuk segera merealisasikan ketersediaan oksigen dan menemukan solusi dari masalah produksi tabung oksigen dan oxy tank. Diharapkan pada Minggu 11 Juli 2021 bisa berjalan maksimal,” kata Dedi.

Baca Juga : Update PPKM Darurat: Mobilitas Belum Turun 50 Persen, Kasus Covid-19 Tak Akan Melandai

Selain itu Luhut Binsar Pandjaitan juga diketahui juga telah menyiapkan tiga buah kapal untuk akomodasi pemenuhan ketersediaan oksigen.

“Koordinator PPKM Darurat, Luhut Binsar Pandjaitan juga telah meminta untuk menyiapkan 3 kapal untuk memastikan ketersediaan liquid oksigen, baik dari produksi lokal atau impor untuk pemenuhan kebutuhan oksigen,” pungkas Dedi.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini