Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie Terciduk Kasus Narkoba, Ini 4 Risiko Pakai Sabu!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 08 Juli 2021 14:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 08 612 2437513 nia-ramadhani-dan-ardi-bakrie-terciduk-kasus-narkoba-ini-4-risiko-pakai-sabu-ffsnpRHeJm.jpg Ardi dan Nia (Foto: Inst)

SABU rupanya jadi barang bukti yang diamankan tim kepolisian Jakarta Pusat saat menciduk Nia Ramadhani dan suaminya Ardi Bakrie. Keluarga Kerajaan Bakrie tersebut terciduk polisi dan masih didalami kasusnya.

Penggunaan sabu sejatinya tidak memberi manfaat baik bagi kesehatan. Jika kebanyakan artis menggunakan sabu untuk menambah stamina tubuh, sebenarnya itu hanya efek sesaat dan malah akan membuat tubuh pemakainya semakin sakit.

 Nia dan Ardi

Jika dipakai dalam jangka waktu yang panjang, sabu malah bisa menyebabkan kematian. Hal ini yang seharusnya menjadi perhatian semua orang untuk benar-benar tidak mendekati barang haram tersebut.

Terkait dengan efek samping berbahaya dari penggunaan sabu, menurut laman Medical News Today, berikut selengkapnya:

1. Kecanduan dan ketergantungan

Sabu atau Metamfetamin memiliki potensi penyalahgunaan dan ketergantungan yang tinggi. Kecanduan psikologis dapat berkembang dalam waktu yang relatif singkat karena metamfetamin sangat membuat ketagihan.

Penyebabnya lantaran sejumlah besar dopamin tetap berada di dalam sel-sel otak sinapsis untuk jangka waktu yang lama. Belum lagi berhenti menggunakan metamfetamin dapat menyebabkan kelelahan, depresi mental, mudah marah, apatis, dan disorientasi sehingga membuat pengguna merasa perlu mengonsumsinya lagi.

2. Masalah jantung dan stroke

Penggunaan sabu meningkatkan risiko masalah jantung seperti nyeri dada, irama jantung abnormal, dan tekanan darah tinggi. Kondisi ini dapat menyebabkan serangan jantung, diseksi aorta akut, atau kematian jantung mendadak bahkan walaupun hanya menggunakan untuk pertama kalinya.

 

3. Kerusakan gigi

Penyalahgunaan metamfetamin juga dapat menyebabkan kerusakan gigi begitu parah sehingga sebagian besar gigi pengguna sabu itu membusuk dan karena itu perlu dicabut.

4. Penyakit Parkinson

Metamfetamin mungkin memiliki efek neurologis yang tidak hilang jika seseorang berhenti menggunakan obat. Para peneliti telah menghubungkan penggunaan dengan risiko yang lebih tinggi dari penyakit Parkinson. Misalnya suatu kondisi yang mempengaruhi saraf gerakan.

 

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini