Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie Pakai Sabu, Yuk Kenali 7 Ciri Penggunanya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 08 Juli 2021 14:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 08 612 2437531 nia-ramadhani-dan-ardi-bakrie-pakai-sabu-yuk-kenali-7-ciri-penggunanya-SFPqlGMtrB.jpg Nia Ramadhani. (Foto: Instagram)

SATUAN Narkoba Polres Metro Jakarta Pusat menangkap aktris Nia Ramadhani beserta suaminya, Ardi Bakrie. Mereka ditangkap dengan bukti berupa narkoba jenis sabu dan alat untuk mengisap sabu, yaitu bong.

Adapun berartnya, yakni bruto 0,78 gram. Memang, Narkoba jenis sabu ini menjadi salah satu narkoba yang sering digunakan oleh para artis.

Pengguna sabu yang cukup aktif pun bisa dikenali ciri-ciri fisiknya. Menurut laman American Addiction Centers (AAC), ada tanda khas yang bisa dibaca dari orang yang kecanduan sabu.

1. Gigi membusuk

2. Badan kurus

3. Jerawatan atau luka di wajah

4. Paranoid

5. Gampang marah

6. Mudah bingung

7. 'Droopy' face atau punya muka lesu

Dijelaskan di laman tersebut bahwa mereka yang sudah 'ketagihan' dengan sabu atau metamfetamin akan sangat mudah terus terjerumus ke dalam lubang hitam narkotika. Artinya, pengguna sabu memiliki kecenderungan untuk kecanduan.

Selain tanda-tanda di atas, pengguna sabu juga biasanya memiliki gejala kesehatan yang terus menurun. Gejalanya antara lain:

1. Kejang

2. Kerusakan hati

3. Stroke

4. Menurunkan kekebalan tubuh dan memudahkan infeksi penyakit menular

5. Peningkatan signifikan pada suhu tubuh

6. Libido meningkat

7. Kematian

Terkait peningkatan libido masih perlu dikaji lebih jauh karena dapat membuat si pengguna malah masuk ke kelompok rentan infeksi penyakit menular seksual.

"Pada tingkat neurologis, sabu dapat merangsang gairah seksual serta meningkatkan adrenalin yang memberikan stamina. Sayangnya, karena tingkat kontrol diri yang lemah akibat sabu, energi yang besar itu malah menjadi malapetaka," demikian seperti dilaporkan laporan tersebut.

"banyak pengguna sabu yang malah terlibat dalam hubungan seksual tanpa menggunakan pelindung dan ini membuat mereka rentan terinfeksi penyakit menular seksual," terang laporan tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini