Psikolog Sebut Artis Pakai Sabu Tak Hanya Ingin Fit

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 08 Juli 2021 15:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 08 612 2437562 psikolog-sebut-artis-pakai-sabu-tak-hanya-ingin-fit-q2dtg1zFe2.jpg Sabu (Foto: Ist)

ALASAN Nia Ramadhani menggunakan sabu karena stres, tekanan pekerjaan, dan pandemi Covid-19. Begitu kalimat yang disampaikan tim kepolisian yang tengah mendalami kasus sabu artis fenomenal itu.

Karena sangat klasik, pihak kepolisian tak akan puas dengan pernyataan itu dan bakal mendalami lagi kasus ini, termasuk siapa pemasok sabu ke Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie.

Ya, Nia dan Ardi dinyatakan positif sabu berdasar tes urin. Terkait dengan tes rambut, sampel mereka baru diambil dan karena itu belum ada hasilnya.

Kembali ke masalah alasan, sejatinya dari kasus-kasus sebelum Nia, artis yang menggunakan sabu kebanyakan memberikan alasan agar tubuh fit. Tapi, menurut Psikolog Klinis Meity Arianty, ada alasan lain.

Berbicara kepada Okezone, Mei yang juga kerap menangani masalah kriminal membeberkan ada 6 alasan artis menggunakan sabu, apa saja?

 uang

1. Karena para artis ini memiliki uang.

"Kalau enggak punya duit, ya, enggak mungkin bisa beli," terangnya, Kamis (8/7/2021).

2. Mudah mendapatkan

Ya, beberapa artis memiliki akses yang mudah untuk beli narkoba.

3. Untuk melarikan diri

Menurut Mei, menggunakan narkoba, ataupun sabu, adalah cara yang paling mudah untuk melarikan diri dari masalah atau kepenatan hidup apalagi di saat seperti sekarang.

3. Stres

"Artis atau publik figur memiliki tuntunan tersendiri sehingga hal itu membuat mereka stress dan kebanyakan sulit untuk mengontrol diri," terang Mei.

4. Coba-coba

Beberapa pengguna sabu mungkin awalnya coba-coba, namun jadi keterusan. Bahkan, tak sedikit yang sampai kecanduan.

5. Jadi mangsa pengedar

"Artis atau publik figur itu sasaran empuk para pengedar atau bandar sehingga bisa jadi mereka didekati awalnya dan lama-lama jadi ketergantungan," tambah Mei.

6. Doping

"Ya, alasan klasik artis menggunakan sabu adalah untuk doping atau membantu kinerja agar tetap fit atau semangat meski semu dan ini yang kadang diabaikan," kata Mei.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini