Teknik Potongan Sayuran ala Kai dan Jerry

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 09 Juli 2021 07:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 09 298 2437898 teknik-potongan-sayuran-ala-kai-dan-jerry-UGExsDLJgN.jpg Jerry dan Kai MasterChef Indonesia. (Foto: RCTIplus)

PENONTON setia Masterchef Indonesia pasti tahu runner-up Masterchef Indonesia Season 5 yaitu Kaisha Fridayassie atau sering dipanggil Kai. Gayanya yang nyentrik dengan rambut yang selalu berubah warna, dan bertato, Kai sempat mencuri perhatian penonton Masterchef Indonesia di tahun 2019.

Selanjutnya di season ke-7 pasti penggemar Masterchef Indonesia tahu benar siapa pemenangnya, yup ada Jerry Andrean. Jerry cukup piawai memasak, hal ini karena sebelumnya dia salah satu lulusan Akademi Pariwisata Nasional Hotel Institut Bandung, dan sebelum masuk Masterchef Indonesia Jerry sempat menjadi chef di salah satu hotel di Bandung.

Pantas saja mimpi Jerry di Masterchef Indonesia mulus mengantarkan dirinya sebagai pemenang Masterchef Indonesia season 7. Lalu kira-kira apa kabar ya dengan Kai dan Jerry?

Jerry dan Kai MasterChef Indonesia. (Foto: RCTIplus)

Di Chef's Diary Season 2 Jerry dan Kai yang ditemui tim RCTI+ setelah berbagi tips dan rahasia di balik Masterchef kepada kontestan season 8, kali ini membagikan keterampilan dasar memotong menggunakan pisau untuk masyarakat.

Chef's Diary yang merupakan acara eksklusif yang menjadi tempat curahan hati para kontestan Masterchef. Penasaran bagaimana aksi Jerry dan Kai berbagi cara memotong sayuran?

Jerry dan Kai dihadapkan dengan dua macam sayuran yang berupa wortel dan seledri. Kai selalu bertanya ke Jerry yang notabene adalah sekolah menjadi chef. Lalu Kai memulai dengan potongan miring dan lurus.

"Potongannya gini doang kan cuma buat kaldu. Kalo gue tuh bukan soal potongannya, tapi hasil akhirnya," ujar Kai.

Kemudian Jerry mencoba dengan potongan wortel pertamanya yang berbentuk dadu. "Kalo ini sih nama kerennya tuh 'Macedoine' yang diambil dari bahasa Prancis, dan biasanya dibuat potongan ini sih dibuat sup," ujar Jerry.

Melihat wortel yang dipotong Jerry belum dikupas, Kai mengatakan, "Tapi sebenernya kalo wortelnya sudah dicuci dengan bersih sampe di gosok bersih, lo udah gak perlu kupas kulitnya lagi sih."

Saat Kai memotong bagian atas wortel yang masih ada daunnya, Kai menanyakan kepada Jerry apakah bagian ujung atas wortel tersebut pernah ia pakai untuk memasak.

"Gue bahkan baru nemu wortel yang masih ada daunnya. Biasanya gue beli selalu gak ada daun," ujar Jerry.

Kai menjawab, "Kalo gue make sih. Karena kan gue tipikal ibu-ibu yang gak mau rugi, jadi kalo sekilo gue dapet ginian tuh gue seneng banget haha. Gue masukin sekalian ke sayuran biar ada vitamin."

Potongan selanjutnya adalah Julienne. Potongan ini berbentuk tipis dan memanjang layaknya korek api. Biasanya potongan ini digunakan untuk membuat salad. "Gue pas kecil belajar juga motong pake teknik ini, soalnya kan suka bikin bala-bala," ujar Kai.

Sedangkan potongan yang sangat kecil seperti cincangan ini bernama Brunoise. "Potongan ini biasanya buat campuran saus sih."

Penasaran bagaimana teknik memotong yang diajarkan oleh Jerry dan Kai? Saksikan Selengkapnya di Chef's Diary Season 2 eksklusif hanya di RCTI+.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini