Makan Sushi Ada Aturannya Lho, Ikutin Biar Serasa di Jepang Yuk!

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 09 Juli 2021 16:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 09 298 2438225 makan-sushi-ada-aturannya-lho-ikutin-biar-serasa-di-jepang-yuk-xvz0yFufoZ.jpg Aturan makan sushi (Foto : Live Japan)

SUSHI merupakan salah satu santapan khas Jepang yang mendunia. Selain menyehatkan, menu yang didominasi oleh daging laut mentah ini juga dikemas dalam teknik yang spesifik sehingga menggugah selera.

Namun tahukah Anda, bahwa masih banyak orang tidak tahu bagaimana cara makan sushi yang benar. Dilansir oleh Buzzfeed, berikut cara makan sushi yang benar sesuai tradisi di Jepang.

Karenanya, berikut MNC Portal Indonesia berikan urutan cara makan sushi yang benar seperti dikutip dari akun TikTok @cheekykiddo pada Jumat (9/7/2021).

Jangan campur wasabi ke kecap asin

Cara Makan Sushi

Siapa yang suka campur wasabi ke kecap asin? Itu merupakan hal yang salah. Karena wasabi harus disantap sendiri secara terpisah supaya fresh.

"Jadi makan sushi itu ada aturan dan urutannya sendiri," ujar narasi video tersebut.

Baca Juga : 4 Potret Terbaru Celine Evangelista Usai Hapus Tato di Dada

Hanya celupkan topping ke saus

Cara Makan Sushi

Seperti yang kita tahu, sushi merupakan perpaduan antara topping dan nasi. Hingga saat ini, masih banyak orang yang tidak tahu aturan mencelupkan sushi ke dalam saus.

Bahkan beberapa dari mereka menelupkan bagian bawah sushi alias nasi ke saus. Padahal, melakukan hal tersebut sama saja membuat sushi terasa semakin asin.

Makan mulai dari yang mentah

Cara Makan Sushi

Untuk memaksimalkan rasa dari setiap ikan, makan sushi harus menggunakan aturan. Pertama, Anda bisa mencoba dari jenis ikan mentah seperti sashimi, nigiri, dan gunkan.

Urutannya pun masih ada lagi. Anda bisa mulai makan ikan berdaging putih, silver, merah (tuna), salmon, dan telur. Selain itu, Anda juga bisa meneguk ocha atau acar jahe (gari) disela-sela makan supaya memberikan rasa fresf di mulut.

Lanjut dengan menyantap maki

Cara Makan Sushi

Maki adalah simple roll yang dibungkus dengan nori. Di restoran sushi, jika Anda memesan maki, maka artinya Anda sudah selesai makan sushi. Jadi, maki bisa dibilang serupa dengan hidangan penutup.

Lanjutkan dengan menyantap roll lainnya

Cara Makan Sushi

Setelah selesai menyantap aneka ikan dan maki, kini Anda boleh menyantap roll dengan bentuk yang unik seperti tanuki atau california roll.

Ada alasan mengapa Anda boleh menyantap aneka roll ini di bagian akhir. Ini karena ternyata mereka berasal dari Amerika, bukan dari Jepang. Topping yang digunakan pun bermacam-macam seperti ayam, mayonaise, dan lain-lain.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini