Dipasang di Gigi, Perangkat Baru Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 09 Juli 2021 12:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 09 612 2438067 dipasang-di-gigi-perangkat-baru-ini-bisa-bantu-turunkan-berat-badan-zLjbbesJje.jpg Perangkat diet dipasang di gigi untuk menurunkan berat badan. (Foto: University of Otago/World of Buzz)

SEJUMLAH peneliti dari Inggris dan University of Otago telah mengembangkan perangkat baru yang dipercaya bisa membantu seseorang dalam menurunkan berat badan. Alat ini merupakan perangkat penurun berat badan pertama di dunia yang terbuat dari perangkat magnetik untuk membantu memerangi obesitas secara global.

Perangkat intra-oral yang disebut sebagai DentalSlim Diet Control ini dipasang pada gigi belakang atas dan bawah dan menggunakan perangkat magnetik dengan baut pengunci untuk yang dibuat khusus. Perangkat ini hanya memungkinkan seseorang yang memakainya membuka mulut sekira 2 mm sehingga membatasi pemakainya untuk diet cairan.

Baca juga: Alquran dan Sains: Rasulullah Ajarkan Diet sebagai Obat Berbagai Penyakit 

Namun, tidak perlu khawatir. Seseorang masih dapat berbicara dan bernapas secara normal sambil mengenakan perangkat tersebut.

Perangkat diet dipasang di gigi untuk menurunkan berat badan. (Foto: Tvnz/World of Buzz)

"Untuk memperjelas, maksud dari perangkat ini tidak dimaksudkan sebagai alat penurunan berat badan yang cepat atau jangka panjang. Melainkan ditujukan untuk membantu orang-orang yang perlu menjalani operasi dan yang tidak dapat menjalani operasi sampai mereka kehilangan berat badan," tulis pernyataan Universitas Otago, seperti dirangkum dari laman World of Buzz, Jumat (9/7/2021).

Baca juga: Cara Bijak Jajan Makanan Cepat Saji Buat Sobat Diet, Bye Bye Gendut 

Lebih lanjut, setelah 2 atau 3 minggu seseorang dapat melepaskan magnet dan perangkatnya. Seseorang kemudian dapat memiliki periode dengan diet yang tidak terlalu dibatasi dan kemudian kembali menjalani pengobatan. Kondisi ini akan memungkinkan pendekatan bertahap untuk menurunkan berat badan yang didukung oleh saran dari ahli gizi.

Menurut rilis media dari University of Otago, peserta dalam uji coba berbasis Dunedin mampu kehilangan rata-rata 6,36 kilogram dalam waktu 2 minggu. Selain itu, mereka juga termotivasi melanjutkan upaya penurunan berat badan.

Peneliti utama sekaligus Wakil Rektor Ilmu Kesehatan Universitas Otago Profesor Paul Brunton mengatakan perangkat ini akan menjadi alat yang efektif, aman, dan terjangkau bagi orang yang ingin memerangi obesitas. Meskipun dipasang oleh dokter gigi, pengguna dapat melepaskan perangkat dengan alat yang dirancang khusus dalam keadaan darurat dan dapat dipasang dan dilepas berulang kali.

"Hambatan utama bagi orang untuk berhasil menurunkan berat badan adalah kepatuhan dan alat ini dapat membantu mereka membangun kebiasaan baru, dan memungkinkan mereka untuk mematuhi diet rendah kalori untuk jangka waktu tertentu. Ini adalah alternatif non-invasif, reversibel, ekonomis dan menarik untuk prosedur bedah. Faktanya adalah tidak ada konsekuensi yang merugikan dengan perangkat ini," kata Profesor Brunton.

Baca juga: Malas Bergerak? Makan 4 Buah Ini untuk Atasi Perut Buncit 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini