Redakan Penyakit Pernafasan, Berapa Banyak Vitamin C Harus Dikonsumsi Penderita Covid-19?

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 09 Juli 2021 19:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 09 612 2438316 redakan-penyakit-pernafasan-berapa-banyak-vitamin-c-harus-dikonsumsi-penderita-covid-19-8g0zOYeUfF.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MENGONSUMSI vitamin C memang harus dilakukan, apalagi ketika tengah melakukan isolasi mandiri. Defisit vitamin C pun dapat menyebabkan banyak gangguan kesehatan, dan yang pasti akan membuat imunitas tubuh melemah.

Pasalnya, vitamin C berperan penting dalam membangun kolagen tubuh. Kolagen tubuh merupakan protein yang bertanggung jawab pada semua struktur jaringan ikat di tubuh, serta berperan untuk memelihara jaringan penghubung tulang.

Tidak hanya itu, berbagai penelitian juga menjelaskan bahwa ketersediaan vitamin C yang cukup di tubuh akan menurunkan tingkat keparahan penyakit yang berhubungan dengan pernafasan, oleh karena itu sangat membantu untuk menyembuhkan pasien Covid-19.

Kemudian, vitamin C juga membantu meningkatkan penyerapan zat besi pada tubuh sehingga membantu pertumbuhan tulang dan kerja otak. Antioksidan di dalam vitamin C juga dapat melindungi tubuh dari zat kimia berbahaya dan polusi udara. Mengingat fungsinya yang begitu penting bagi tubuh, lalu sejak usia berapa orang boleh mengonsumsi vitamin C?

Vitamin C

Ahli Gizi Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes mengatakan, manusia bisa mengonsumsi vitamin C sejak masih kecil. Ini karena vitamin C mudah didapat dari berbagai buah-buahan dan juga sayuran.

Sayangnya, vitamin C merupakan vitamin yang larut dalam air. Jadi ketika diminum, ia akan menyatu dalam aliran darah dan dibuang bersama urine. Karenanya, vitamin C harus dipenuhi kebutuhannya setiap hari.

“Vitamin C merupakan vitamin larut air yang ketika berlebih dalam tubuh memang akan dikeluarkan serta tidak bisa disimpan. Oleh karena itu, memang kita harus memenuhi kebutuhan vitamin C setiap hari," tutur Dr. Rita.

Seperti kebutuhan nutrisi lainnya, vitamin C pun memiliki porsinya sendiri untuk tubuh. Karena jika kelebihan atau kekurangan, tentunya akan memiliki efek samping yang merugikan tubuh di kemudian hari. "Setiap orang membutuhkan sekitar 1,5 gram vitamin C per kg,” tuturnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini