Obat Remdesivir Baru Bisa Diproduksi Lokal Paling Cepat Agustus

Pradita Ananda, Jurnalis · Sabtu 10 Juli 2021 20:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 10 612 2438723 obat-remdesivir-baru-bisa-diproduksi-lokal-paling-cepat-agustus-jrz3sTLycj.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

KEBUTUHAN akan obat Covid-19 memang terus mengalami peningkatan. Angka kasus positif yang melonjak tajam otomatis menjadikan kebutuhan masyarakat akan obat-obatan juga meningkat pesat.

Plt: Direktur Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, drg. Arianti Anaya, MKM menyebutkan, saat ini Kemenkes harus melakukan impor untuk beberapa jenis obat.

“Obat seperti Remdesivir, Tocilizumab, AVIG itu kita impor dari berbagai negara seperti India, Bangladesh, China, dan Jerman. Memang kita belum bisa buat, tapi Agustus untuk Remdesivir mudah-mudahan sudah bisa diproduksi di dalam negeri. Sehingga kita jadi bisa lebih siap untuk memenuhi stok,” kata drg. Arianti Anaya, MKM dalam gelaran Keterangan Pers: Penanganan Kelangkaan Obat-Obatan COVID-19 Kemenkes RI, Sabtu (10/7/2021).

Jika obat Remdesivir bisa diproduksi di dalam negeri, maka obat ini akan menyusul dua jenis obat lainnya yang digunakan untuk terapi Covid-19 yakni Oseltamivir dan Azythromycin, yang berdasarkan keterangan drg. Arianti Anaya, MKM , selama ini memang sudah diproduksi secara lokal.

Terkait pernyataan yang mengatakan bahwa stok obat-obatan masih dirasa cukup dan dalam ambang batas aman, tapi kenyataannya di lapangan masyarakat masih kesulitan mendapatkan obat. Dokter Arianti menyebutkan, saat ini Kemenkes tengah mendorong industri farmasi untuk melakukan percepatan distribusi.

“Kita lagi dorong industri untuk obat-obat ini bisa segera dididistribusikan ke faskes, apotik-apotik swasta atau pun apotik BUMN. Tapi, industri ada yang sebagian stafnya Covid-19, itu jadi kendala juga, tapi tetap kami upayakan terus,” pungkasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini