Covid-19 Bisa Menular lewat Anjing dan Kucing, Hewan Peliharaan Juga Harus PPKM

Pradita Ananda, Jurnalis · Minggu 11 Juli 2021 02:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 10 612 2438728 covid-19-bisa-menular-lewat-anjing-dan-kucing-hewan-peliharaan-juga-harus-ppkm-GxOcRCmUFh.jpeg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

VIRUS covid-19 bukan hanya menyebar antar-manusia tapi juga antar-hewan. Oleh karena itu, pemilik hewan peliharaan tidak bisa sembarangan membiarkan hewan berkeliaran keluar rumah.

Epidimiolog dari Griffith University Australia, Dicky Budiman mengatakan, hewan peliharaan bisa meningkatkan risiko paparan covid-19 yang mungkin dibawa si hewan karena dia terinfeksi covid-19 di luar rumah.

Dalam penelitiannya, WHO menyebut penularan virus dari hewan ke manusia atau zoonosis dapat terjadi pada hewan piaraan atau hewan liar. Karena itu, sangat penting untuk mencegah pengenalan zoonosis lebih lanjut dari SARS-CoV-2 ke manusia. WHO pun terus berkolaborasi dengan ahli kesehatan hewan dan kesehatan manusia.

"Saya kira dokter hewan sudah harus mulai bergerak, termasuk dinas kesehatan hewan. Mereka harus memberi pemahaman dan bagaimana mencegah covid-19 pada manusia maupun hewan. Menjaga kesehatan ini penting sebagai upaya pencegahan," katanya.

Meskipun tidak darurat, tetapi hal ini harus disikapi serius. Oleh karena itu, Dicky pun mengimbau para pemilik hewan peliharaan tidak membiarkan hewannya "keluyuran" karena dapat membawa virus ke rumah atau si hewan sakit karena terinfeksi virus.

Baca Selengkapnya: Kucing dan Anjing Bisa Sebarkan Covid-19, Epidemiolog Minta Dokter Hewan Bertindak

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini