Kedatangan 10 Juta Vaksin Sinovac, Menkes Budi: Segerakan Vaksinasi untuk Kekebalan Komunal

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 12 Juli 2021 13:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 12 481 2439333 kedatangan-vaksin-tahap-ke-21-menkes-budi-segerakan-vaksinasi-untuk-kekebalan-komunal-mMcBvRZG05.jpg Ilustrasi (Foto : Livescience)

FENOMENA masyarakat memilih-memilih jenis vaksin Covid-19 sedikit banyak memicu lambatnya pergerakan program vaksinasi Nasional. Hal ini ditanggapi oleh Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin.

Dalam siarang langsung kedatangan vaksin 10 juta vaksin sinovac hari ini, Menkes Budi mengingatkan bahwa apa pun vaksin yang sudah tersedia di Indonesia saat ini, maka itu merupakan vaksin yang terbaik.

Menkes Budi

“Vaksin yang terbaik adalah vaksin yang sudah tersedia. Mari segerakan vaksinasi, untuk percepatan kekebalan komunal,” kata Menkes Budi, dalam siaran langsung Kedatangan Vaksin Covid-19 Tahap 21, Bandara Internasional Soekarno-Hatta di akun Youtube Sekretariat Presiden, Senin (12/7/2021).

Baca Juga : 10 Juta Vaksin Sinovac Sudah Tiba di Indonesia

Menkes Budi menegaskan, sejatinya penguatan upaya 3 T (testing, tracing dan treatment) serta penerapan pengetatan dan pembatan aktivitas masyarakat lewat PPKM Mikro dan PPKM Darurat tidak akan lengkap tanpa vaksinasi.

“Pelaksanaan protokol kesehatan, pengetatan aktivitas lewat kebijakan PPKM Darurat dan PPKM Mikro serta penguatan 3 T tidak akan lengkap apabila aktivitas vaksinasi tidak berjalan dengan baik,” tambahnya.

Baca Juga : Vaksin Memang Tak Cegah Covid-19 100%, Tapi Lindungi dari Kematian

Lewat kombinasi berupa vaksinasi, disiplin menjalankan protokol kesehatan dan mematuhi aturan pemerintah. Menkes Budi menyebutkan, dengan inilah masyarakat bisa berkontribusi menghambat cepatnya laju penularan Covid-19. 

“Dengan melengkapi upaya pencegahan kita lewat vaksinasi, selain melaksanakan disiplin protokol kesehatan dan mematuhi kebijakan pemerinyah seperti PPKM Darurat, akan membantu untuk menekan laju penularan lebih cepat dan membantu mengendalikan pandemi jauh lebih baik,” lanjutnya lagi.

Menkes Budi mengimbau, masyarakat bisa sama-sama mensukseskan program vaksinasi Nasional, salah satu caranya bisa dengan tidak memilih-milih jenis vaksin.

“Maka dari itu, mari masyarakat gotong royong bersama dengan pemerintah untuk mensukseskan program vaksinasi,” tutup Menkes Budi.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini