Cara Merawat Tubuh Memasuki Usia 40-an agar Tetap Terlihat Awet Muda

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 13 Juli 2021 16:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 13 481 2439863 cara-merawat-tubuh-memasuki-usia-40-an-agar-tetap-terlihat-awet-muda-Ms0MCo5v1y.jpg Cara merawat tubuh (Foto : FirstCry Parenting)

CARA merawat tubuh saat memasuki usia 40-an semakin banyak dicari, terutama kalangan perempuan. Karena, hampir sebagian besar perempuan ingin tetap terlihat awet muda di usia kepala 4.

Tak bisa dipungkiri tanda-tanda penuaan mulai ketika memasuki usia 40-an. Saat memasuki usia 40-an, garis-garis keriput di sekitar area mata, kulit leher yang mulai turun, atau kulit tangan mulai kasar dan kendur tak sekencang dulu.

Dari segi perawatan tubuh, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar tetap terlihat lebih muda saat memasuki usia 40-an. Merangkum berbagai sumber, Selasa (13/7/2021) berikut cara merawat tubuh agar terlihat awet muda memasuki usia 40-an.

1. Konsumsi vitamin C

Cara Merawat Tubuh

(Cara merawat tubuh, Foto : Boldsky)

Seperti disarankan Joanna Czech, ahli perawatan kulit selebriti sekaligus ahli kecantikan, hal pertama yang bisa dilakukan adalah memasukkan vitamin C dalam rutinitas perawatan Anda. Sebab Vitamin C adalah komponen baik untuk produksi kolagen dan elastin.

Untuk skincare, Joanna memyarankan menggunakan serum tubuh dan serum wajah dan digunakan setiap siang dan malam hari. Serum merupakan langkah perawatan paling ampuh setelah cleansing dan toning serta sebelum moisturizing.

Baca Juga : Tips Hidup Sehat ala Chef Marinka, Bisa Jadi Inspirasi!

2. Facial massage

Jika berniat ingin mengencangkan rahang, mengangkat dan membentuk tulang pipi atau mencegah penuaan di sekitar area mata, maka facial massaga harus dimasukkan ke dalam rutinitas rutin perawatan Anda sehari-hari.

Pijat menciptakan aliran darah dan membawa lebih banyak oksigen ke jaringan kulit. Joanna merekomendasikan facial massage ini bisa dilakukan setiap hari. Berkonsentrasilah pada otot pipi yang mana dapat membantu mengangkat garis rahang.

Baca Juga : Ingin Terlihat Awet Muda? Coba Lakukan 3 Cara Pijat Wajah Ini

3. Perhatikan area leher

Di usia 40-an, lapisan lipid di leher berkurang sekitar 30 sampai 40 persen, sehingga terlihat lebih cepat menua. Hal terpenting yang harus dilakukan adalah merawat leher sebagai bagian dari wajah dan tubuh Anda, salah satu caranya bisa dengan rutin memijat area leher.

Joanna menyebutkan, sebetulnya untuk perawatan kulit leher kita tidak memerlukan krim dan serum khusus, cukup pelembab biasa tapi fokus dirawat siang dan malam.

4. Lebih banyak konsumsi sayur

Untuk perawatan dari dalam, sebisa mungkin banyak konsumsi sayur-sayuran hijau dan merah. Contohnya sayuran kale yang mengandung vitamin K atau sayuran hijau lainnya yang mana bisa membantu penggumpalan darah dalam tubuh hingga mengurangi dampak memar.

Bisa juga konsumsi tomat yang mengandung lycopene, fungsinya bisa melindungi kulit dengan kuat terhadap sinar UV. Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi buah dan sayuran menghasilkan warna kulit yang lebih baik loh!

5. Olahraga minimal 4 kali seminggu

Cara Merawat Tubuh

(Cara merawat tubuh, Foto : Boldsky)

Penelitian menunjukkan bahwa olahraga teratur dapat memperlambat proses penuaan. Terhindar dari muscle loss dan membantu agar tidur lebih nyenyak. Berolahraga empat kali seminggu, kombinasikan gerakan latihan kardiovaskular untuk kesehatan jantung dan paru-paru, latihan ketahanan untuk otot, dan peregangan untuk fleksibilitas.

6. Memakai bra yang tepat

Tahukah Anda pakaian dalam yang pas dapat membantu membentuk siluet seseorang menjadi siluet yang lebih muda. Sayangnya, dari penelitian yang ada menunjukkan bahwa lebih dari 80 persen wanita mengenakan bra dengan ukuran yang salah. Pastikan pakaian dalam, terutama bra yang dipakai ukuran dan stylenya tepat untuk bentuk payudara Anda yang cakupan dan bisa menyokong dengan baik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini