Lonjakan Kasus Covid-19 Meningkat, Ini Cara Menjaga Mental Tetap Tenang

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 13 Juli 2021 13:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 13 612 2439889 lonjakan-kasus-covid-19-meningkat-ini-cara-menjaga-mental-tetap-tenang-sUcj1ijxMU.jpg Sedih akibat pandemi (Foto: Istock)

KASUS Covid-19 belakangan ini semakin melonjak. Akibatnya pemerintah memberlakukan PPKM Mikro guna mengurangi penularan Covid-19.

Melonjaknya pasien Covid-19 membuat rumah sakit menjadi penuh dan banyak pasien tidak tertolong, hingga menimbulkan korban. Selain itu, tenaga medis pun menjerit karena bekerja tanpa henti. Terlebih membengkaknya dana Covid-19 yang harus dibayarkan pemerintah kepada pihak rumah sakit.

Mendengar hal tersebut, tentunya membuat banyak orang menjadi stres. Selain menjaga kesehatan fisik, menjaga kesehatan mental pun juga sangat dibutuhkan di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Karenanya, dilansir dari laman Pinkvilla, berikut 5 cara yang dapat Anda lakukan guna menjaga diri agar tetap tenang, juga menjaga kesehatan mental Anda.

berduka

1. Berdukalah dan jangan biarkan semuanya menumpuk

2. Jika Anda kehilangan anggota keluarga atau teman dekat, berusaha untuk tetap kuat bagi dunia dan berpura-pura semuanya baik-baik saja bukanlah cara yang baik untuk mengatasinya.

3. Pastikan Anda berduka dengan benar dan bicarakan dengan orang lain tentang kehilangan Anda. Berbicara dengan orang yang Anda cintai tidak hanya akan membuat Anda merasa lebih ringan, tetapi juga membuat Anda merasa ada seseorang yang bisa Anda andalkan.

4. Istirahat jika lelah, apalagi bekerja bisa melelahkan bahkan ketika itu dari rumah. Sementara dunia berjuang bahkan untuk kebutuhan dasar, pekerjaan kadang-kadang bisa membuat kita kelelahan. Jadi, istirahatlah meskipun hanya untuk membaca buku favorit, mendengarkan musik atau hanya untuk tidur.

5. Di sela-sela hari Anda yang sulit dan jadwal yang melelahkan, temukan cara untuk melepas penat meski hanya beberapa menit. Anda bisa mencobanya dengan menghubungi teman, mandi, atau melakukan rutinitas perawatan kulit.

6. Jika Anda telah tertular virus atau tinggal di rumah, cara untuk membiarkan hal positif masuk adalah dengan mengubah ruang. Tahukah Anda mengapa orang memotong rambut mereka setelah putus cinta? Karena mereka merasa memegang kendali.

Ketika segala sesuatu di sekitar Anda di luar kendali, mengubah sedikit ruang Anda dan memindahkan furnitur dapat banyak membantu. Sesuatu yang sederhana seperti berolahraga di teras Anda juga bisa menjadi perubahan yang bermanfaat.

7. Stres sering membuat orang lesu dan menyebabkan Anda makan berlebihan atau tidur sepanjang hari. Ini berdampak buruk pada kesehatan mental dan fisik Anda dalam jangka panjang.

Mulailah bergerak perlahan dan berjalan-jalan di tempat Anda tinggal. Bahkan lompat tali selama 10 menit akan membantu Anda merasa lebih baik. Yoga atau olahraga apa pun akan membantu Anda tetap waras dalam jangka panjang.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini