Share

Dedikasi bagi Kaum Difabel, Mahasiswi Cantik Ini Buat Karya Seni untuk Tunanetra

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Selasa 13 Juli 2021 21:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 13 612 2440085 dedikasi-bagi-kaum-difabel-mahasiswi-cantik-ini-buat-karya-seni-untuk-tunanetra-87CjjgvRGy.jpg Karya seni milik Marietta Stefani. (Foto: AYDA)

MARIETTA Stefani maju ke Asia Young Designer Awards (AYDA) Summit 2021. Ia membawa karya seni luar biasa yang didedikasikan untuk orang tunanetra.

Marietta membawa karya “Unsighted – Intertwining Multisensory Experience with Architecture”. Ia menampilkan perspektif manusia dengan penyandang tunanetra untuk dapat menikmati sebuah karya seni.

Mahasiswi Universitas Kristen Petra mengatakan, mata biasa digunakan manusia untuk melihat dan memahami segala sesuatu di dunia. Mata menjadi indra utama yang memiliki peran besar dalam membangun perspektif.

seni

"Tanpa kita sadari hal umum dalam kehidupan sehari-hari ini ternyata memiliki dampak yang besar, terutama bagi kaum tunanetra. Dalam proses spasial normal, manusia akan lebih peka terhadap," paparnya lewat keterangan resmi.

Dia pun yakin bahwa orang tunanetra masih bisa menikmati karya seni. Hal itulah yang membuat Marietta terinspirasi membuat karya seni ruang gelap namun estetik.

Dijelaskannya, konsep ini menggambarkan pengalaman multisensori, dengan menstimuli penggunaan indera-indera lain, sebagai pengganti indera pengelihatan yang hilang. Kemudian ada komposisi tekstur, bunyi-bunyian, bau, dan suara-suara sebagai pengarah saat pengunjung tunanetra datang ke galeri seni.

"Dengan adanya galeri seni ini diharapkan dapat memberikan pengalaman baru kepada penyandang tunanetra, untuk menegaskan kesetaraan bagi semua orang dan memberikan kesempatan untuk menunjukkan kemampuan yang mereka miliki" ujar Marietta.

Sementara itu, Jon Tan dari Decorative Paints Nippon Paint Indonesia, mengapresiasi hasil karya Marietta. Ia menuturkan bahwa sang mahasiswa mengharumkan Indonesia, dengan mengalahkan 35.000 karya dari 13 negara lainnya.

“Selanjutnya bisa semakin banyak karya yang masuk dan muncul sebagai pemenang dari Indonesia,” ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini