Kemenkes Bakal Atur Petunjuk Teknis Vaksinasi Gotong Royong Individu

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 13 Juli 2021 20:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 13 612 2440155 kemenkes-bakal-atur-petunjuk-teknis-vaksinasi-gotong-royong-individu-Vw1LGDsUKe.jpg Ilustrasi Vaksin Covid-19. (Foto: Freepik)

PT Kimia Farma menunda vaksin Gotong Royong individu, lantaran tingginya animo masyarakat. Kimia Farma pun memberikan waktu tambahan untuk melakukan sosialisasi terkait vaksin Gotong Royong tersebut.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19, dr. Siti Nadia Tarmizi mengatakan, pemerintah saat ini sedang menyusun petunjuk teknis terkait dengan program Vaksinasi Gotong Royong Individu. Langkah ini diambil sebagai respon pemerintah dalam menerima setiap masukan dan pendapat yang diberikan masyarakat.

"Untuk lebih memastikan pelaksanaan Vaksinasi Gotong Royong Individu ini dapat berjalan lebih efektif,efisien, dan akuntabel, maka pemerintah melihat, perlu dikeluarkannya petunjuk teknis yang mengatur lebih detail pelaksanaannya,” kata dr. Siti Nadia, dalam sesi jumpa pers secara daring, Selasa (13/7/2021)

Dia menjelaskan, saat ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes), bersama dengan Kementerian BUMN, dan PT Bio Farma (Persero) sedang bersama-sama menyiapkan petunjuk teknis terkait program Vaksinasi Gotong Royong Individu. Diharapkan dalam waktu dekat, petunjuk teknis tersebut dapat secepatnya difinalisasi.

"Fasilitas pelayanan kesehatan yang telah melaksanakan Vaksinasi Gotong Royong Individu, kami minta untuk menunggu dulu dikeluarkan dahulu Petunjuk Teknis Vaksinasi Gotong Royong Individu ini," kata dia.

"PT Bio Farma selaku distributor yang ditunjuk oleh pemerintah untuk menyalurkan vaksin Covid-19 agar dapat berkoordinasi lebih lanjut dengan Kemenkes terkait pelaksanaan dan pendistribusian vaksin Covid-19 yang akan digunakan dalam Vaksinasi Gotong Royong Individu,” lanjutnya.

Di samping itu, Kemenkes juga meminta Dinas Kesehatan Kabupaten dan Kota untuk menunggu petunjuk teknis yang akan segera ditetapkan oleh Kemenkes sebelum memberikan user ID kepada Fasilitas pelayanan kesehatan yang akan melayani Vaksinasi Gotong Royong Individu.

Sebagaimana diketahui, pemerintah melalui PT Bio Farma (Persero) telah merencanakan vaksinasi Gotong Royong Individual pada Senin 12 Juli 2021 yang menyentuh 6 kota di Jawa dan Bali dan digelar di 8 klinik. Namun, Kimia Farma memutuskan untuk menunda pelaksanaan Vaksinasi Gotong Royong Individu melalui website resmi mereka kimiafarmaapotek.co.id.

(mrt)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini