Rahasia Bangkit Si Anak Penjual Gado-Gado yang Lulus Kedokteran UGM

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 14 Juli 2021 02:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 13 612 2440180 rahasia-bangkit-si-anak-penjual-gado-gado-yang-lulus-kedokteran-ugm-za1d58W2Ud.jpg Fadila Putri. (Foto: Okezone)

LOLOS UTBK SBMPTN Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan dua skor tertinggi benar-benar tak disangka Fadila Putri Fatihah. Ia yang hanya seorang anak penjual gado-gado di Bantul, Yogyakarta, tak pernah membayangkan akan hal itu.

Terlebih, tak ada satu orangpun di keluarganya yang seorang dokter. Mimpi apa sampai akhirnya berhasil masuk ke jurusan yang terkenal 'keren' tersebut.

Tapi, Puput, sapaan akrabnya, bersyukur mendapatkan itu. Ia tahu semua ini sudah takdirnya dan mungkin terkabulnya doa sang ibu yang ternyata enggak muluk-muluk, 'Supaya anaknya masuk UGM'. Sebatas itu.

Kesuksesan yang dicapai Puput bukan datang dengan cuma-cuma. Usaha yang gigih, berlatih giat, tak pantang menyerah di tryout, adalah ikhtiarnya mencapai titik ini. Meski, dirinya sempat gagal di SNMPTN dengan jurusan pilihan Gizi Kesehatan UGM.

"Ya, aku sempat gagal di SNMPTN Gizi Kesehatan UGM, tapi alhamdulillah malah keterima di Kedokteran. Suatu hadiah yang begitu indah dari kesabaran dan kepasrahan saya," cerita Puput pada MNC Portal, belum lama ini.

Fadhila Putri

Bukan hal mudah bagi Puput untuk bangkit dari kegagalan. Namun, ada rahasia yang ingin dia bagikan terkait dengan hal itu. "Saat tahu tidak lolos SNMPTN, saya kemudian sadar diri. Walau pun saya sedih, mau nangis, nangis gimana pun hasilnya, ya enggak akan berubah, enggak bikin saya jadi lolos," ujarnya.

Bagi penggemar berat BTS itu, waktu tak akan bisa berjalan mundur. Ya, waktu akan terus berjalan dan itu artinya hidup harus dijalani ke arah depan.

"Saat saya sedih, saat saya nangis enggak keterima, saya percaya teman-teman saya di luar sana lagi belajar, lagi latihan soal mati-matian. Pilihannya cuma dua, nangis kemudian diselip lawan atau berjuang ngebuktiin kalau diri saya itu memang pantas," kata Puput menyemangati dirinya.

Dan 'mantra' tersebut yang kemudian membuatnya bergelora mengejar mimpinya di UTBK SBMPTN dengan pilihan jurusan Kedokteran UGM. Puput pun seperti membuktikan bahwa Tuhan tak pernah tidur.

Ya, dengan segala usahanya, bangkit dari kegagalan, terus mempertebal keimanan, ikhlas, sabar, dan pasrah, Puput diberi hadiah indah yaitu diterima di jurusan yang benar-benar membuat dirinya dan orangtua bangga.

Ajaran sang ibu kepadanya pun membawanya ke mimpi yang dia inginkan. Ya, orangtua Puput yang hanya seorang penjual lotek mengajarkan nilai kehidupan yang kemudian diterapkan Puput dalam hidupnya.

"Ibuku mengajarkan aku untuk selalu bertanggung jawab atas diri sendiri, berdikari. Kalau berani ambil risiko, berarti harus siap dengan kemungkinan terburuknya. Juga ketika kita sudah berada di atas, jangan sampai lupa sama Allah dan orang yang selalu mendukung dulu," katanya.

Kisah Puput ini pun membuktikan bahwa tidak ada yang tidak mungkin selama kita berdoa dan berusaha. Kegagalan masa lalu Puput ternyata benar-benar membangkitkan semangatnya untuk tidak patah harapan mengejar mimpi lain.

Lewat MNC Portal juga, Puput ingin menyampaikan sesuatu buat orangtuanya. Berikut pesan tersebut:

"Terima kasih banyak buat segala yang sudah diberikan ke aku, dari aku masih di kandungan sampai akhirnya aku besar. Gantian, ya, Insha Allah nanti aku yang akan bahagiakan kalian, walaupun enggak akan sebanding, karena seisi dunia pun tak akan bisa gantiin kasih sayang mamah ke aku selama ini," katanya.

"Terima kasih juga selalu menemani dan membimbing aku, kalau bukan karena mamah, aku gak akan jadi diriku yang sekarang. Selalu bahagia, love you," tambah dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini