Terhubung dengan Orang Lain Jadi Cara Jitu Jaga Kesehatan Mental Selama Pandemi

Siska Permata Sari, Jurnalis · Selasa 13 Juli 2021 21:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 13 612 2440197 terhubung-dengan-orang-lain-jadi-cara-jitu-jaga-kesehatan-mental-selama-pandemi-QhwxYlX6XV.jpg Ilustrasi pandemi covid-19 berdampak pada kesehatan mental. (Foto: Freepik)

INDONESIA dalam beberapa pekan terakhir terus menghadapi lonjakan kasus covid-19. Kondisi ini pun membuat sebagian orang merasa lebih cemas dan khawatir. Pasalnya, pandemi covid-19 bukan hanya menyerang fisik, tetapi juga kesehatan mental.

Berdasarkan laporan Satuan Tugas Covid-19, terungkap bahwa 80 persen masalah covid-19 terkait psikologis atau kesehatan mental. Sedangkan sisanya masalah kesehatan fisik.

Baca juga: Viral Wanita Di-Makeup Terlalu Putih, Netizen pun Kasihan 

Tidak hanya itu, Ikatan Psikiater Indonesia juga mendapati hasil survei yang memperlihatkan data bahwa dari 1.552 responden, 63 persennya mengaku mengalami kecemasan dan 66 persen lainnya mengalami depresi akibat pandemi covid-19.

Bagaimana tidak, di masa pandemi covid-19 ini banyak hal berubah. Termasuk rutinitas bekerja yang biasanya dilakukan di kantor maupun luar ruangan, kini harus bekerja secara remote di rumah atau istilahnya work from home (WFH).

Baca juga: YouTuber Banyak Jadi Cita-Cita, Coba Kenalkan Anak Coding Sejak Dini 

Menurut psikolog klinis Inez Kristanti, WFH dapat berpotensi mengaburkan batas antara pekerjaan, rumah, dan keintiman dengan keluarga, anak, maupun pasangan. Hal ini bisa menyebabkan stres, cemas, hingga berdampak pada kesehatan mental serta kualitas hubungan.

"Oleh karena itu, penting bagi kita untuk membuat partisi dan batasan waktu yang jelas antara pekerjaan dan kehidupan pribadi," ungkap Inez dalam keterangannya yang diterima MNC Portal, Selasa (13/7/2021).

Ia menjelaskan, dengan mengambil waktu istirahat, seseorang bisa mendedikasikan waktu secara spesifik untuk "men-recharge" diri terhadap apa yang bisa membuat senang dan rileks.

"Waktu beristirahat dapat sangat berguna untuk memulihkan kesehatan kita secara keseluruhan, memfokuskan kembali pada apa yang penting dalam hidup, dan mengembalikan keintiman serta cinta. Hal ini memungkinkan tubuh, pikiran, dan jiwa kita untuk mendapatkan penyegaran yang diperlukan untuk terus beraktivitas," ungkapnya.

Baca juga: Dedikasi bagi Kaum Difabel, Mahasiswi Cantik Ini Buat Karya Seni untuk Tunanetra 

Oleh karena itu, dia menyarankan tetap terhubung dengan orang lain selama masa pandemi ini. Terutama kepada orang-orang yang dicintai. Tidak hanya untuk kesehatan mental Anda, langkah ini sekaligus dapat memelihara hubungan yang tidak kalah penting bagi kesejahteran mental.

"Terhubung dengan keluarga, teman, atau orang penting Anda dengan membagikan pesan, meme, atau bahkan kutipan lucu yang menyentuh hati akan memperkuat hubungan emosional dan membantu Anda merasa lebih bahagia dan aman," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini