Bantuan 100 Ton Oksigen Cair Didistribusikan ke 3 Provinsi, Salah Satunya Jakarta

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 14 Juli 2021 13:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 14 481 2440449 bantuan-100-ton-oksigen-cair-didistribusikan-ke-3-provinsi-salah-satunya-jakarta-q122blkgnm.jpg Tabung oksigen cair (Foto: The statesman)

DI tengah melonjaknya kebutuhan oksigen, sehubungan dengan terus melonjaknya angka kasus positif Covid-19. Kementerian Kesehatan diketahui baru saja mendapatkan donasi oksigen dari pihak swasta.

Kementerian Kesehatan RI baru saja menerima sumbangan ratusan oksigen cair, tepatnya 500 ton liquid oksigen dari Tanoto Foundation. Hal ini disampaikan oleh Dr. Sumarjaya, Plh Kepala Pusat Krisis Kesehatan Kemenkes RI.

 kebutuhan oksigen

Untuk gelombang kloter pertama, ujar Dr. Sumarjaya, bantuan oksigen cair ini akan didistribusikan ke tiga Provinsi utama yang darurat terlebih dahulu.

“Kita hari ini dapat sumbangan liquid oksigen sebenarnya 500 ton, tahap pertama 100 ton itu didistribusikan ke DKI Jakarta sebanyak 48 ton, 46 ton untuk Jawa Barat dan 6 ton untuk Jawa Tengah yakni DIY Yogyakarta. Ini akan segera didistribusikan untuk mengoptimalkan rumah-rumah sakit yang membutuhkan,” ujar Dr. Sumarjaya, dikutip dari akun chanel Youtube resmi Kementerian Kesehatan RI, Rabu (14/7/2021).

Ditambahkan Lilik Kurniawan, Sestama BNPB, bantuan berupa oksigen ini jadi elemen yang saat ini memang sangat dibutuhkan oleh para pasien Covid-19. Baik itu yang di rumah sakit, atau pun yang menjalani isolasi mandiri.

“Saya mewakili pemerintah Indonesia mengucapkan terima kasih, sudah memberikan dukungan yang sangat-sangat diperlukan masyarakat untuk saat ini, betul-betul dibutuhkan di rumah-rumah sakit atau tempat isolasi mandiri terpusat,” tutupnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini