Yuk Konsumsi Kurma dan Susu, Ini 5 Manfaat Besar yang Akan Didapat

Antara, Jurnalis · Rabu 14 Juli 2021 18:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 14 481 2440645 yuk-konsumsi-kurma-dan-susu-ini-5-manfaat-besar-yang-akan-didapat-Vklte7uyEZ.jpg Kurma dan susu memberikan manfaat besar untuk kesehatan tubuh manusia. (Foto: Shutterstock)

MENGONSUMSI kurma direndam susu ternyata memberikan manfaat besar untuk kesehatan tubuh manusia. Minuman ini bahkan salah satu yang direkomendasikan untuk dikonsumsi.

Kurma (Phoenix dactylifera L) adalah buah kering dan sumber antioksidan penting yang baik, terutama fenolat dan karotenoid. Kurma memiliki banyak nutrisi seperti zat besi, kalium, selenium, magnesium, tembaga, vitamin B kompleks, vitamin C, serat makanan, protein, energi, dan gula alami.

Sementara susu kaya kalsium, riboflavin, zat besi, vitamin B12, seng, fosfor, kalium, vitamin A, magnesium, dan vitamin D. Sebuah penelitian menunjukkan ada setidaknya 44 nutrisi dalam susu yang mencakup sekira 18 asam amino , 9 mineral, 10 vitamin, lemak sehat, protein, serta karbohidrat.

Jika kurma digabungkan susu, tentu makin banyak manfaat yang akan diterima oleh tubuh pengonsumsinya. Berikut ini ada beberapa khasiat dari kurma yang direndam susu, seperti dikutip dari laman Boldsky, Rabu (14/7/2021).

Baca juga: Kisah Persalinan Maryam Binti Imran, Pohon Kurma dan Buahnya Menjadi Saksi 

1. Untuk kehamilan

Menurut sebuah penelitian, kurma yang direndam dalam susu sapi dapat bertindak sebagai penunjang kesehatan bagi ibu hamil dan janin yang dikandung.

Penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi kurma dan campuran susu secara teratur dapat membantu pembentukan tulang dan darah janin.

Hal yang harus Anda lakukan adalah merendam 5 sampai 6 kurma dalam susu sapi segar semalaman. Keesokan paginya blender campuran tersebut, tuangkan ke gelas, dan tambahkan sejumput bubuk kapulaga bersama satu sendok teh madu.

Kurma. (Foto: Freepik)

2. Meningkatkan jumlah hemoglobin

Zat besi adalah senyawa penting yang ditemukan dalam kurma. Ini juga penting untuk produksi hemoglobin, protein dalam sel darah merah. Mengonsumsi kurma dan susu dapat membantu mengatasi masalah anemia.

Dalam sebuah penelitian ditemukan ketika kurma yang direndam susu kemudian direbus untuk jangka waktu tertentu, lalu diberikan kepada seseorang yang sehat (usia di atas 18 dan di bawah 55 tahun) setiap pagi dengan perut kosong, maka kadar hemoglobin mereka meningkat dalam 10 hari.

Baca juga: Kurma Bisa Bunuh Sel Kanker Terungkap dalam Alquran dan Sains 

3. Meningkatkan stamina

Sebanyak 100 gram kurma memberikan sekira 15 persen dari total energi yang direkomendasikan setiap hari. Sementara susu menyediakan sekira 9,1 persen dari total pasokan energi yang direkomendasikan.

Perendaman kurma dalam susu dapat bertindak sebagai makanan padat nutrisi dan meningkatkan tingkat energi serta meningkatkan stamina seseorang.

4. Meningkatkan kesuburan

Kurma yang direndam dalam susu dapat membantu meningkatkan kesuburan pria dan wanita. Hal ini bisa jadi karena adanya senyawa fitokimia di dalam kurma yang dapat membantu memperbaiki masalah kesuburan pada keduanya.

Kurma dan susu dapat meningkatkan produksi sperma, melindungi fungsi testis, membantu dalam pembentukan sel telur wanita dewasa dan kualitasnya serta membantu dalam pembentukan sel telur wanita dewasa dan kualitas mereka dan membantu dalam implantasi.

Kombinasi kuat ini juga dapat membantu meningkatkan libido pada pria dan wanita dari segala usia. Rendam beberapa kurma dalam susu kambing semalaman. Blender keduanya pada keesokan paginya, tambahkan kapulaga dan madu.

Baca juga: Deretan Manfaat Kurma Kering, Bisa Tingkatkan Kesehatan Usus Lho 

5. Membantu menghilangkan kerutan

Kurma dan susu mengandung banyak senyawa antioksidan yang membantu menghilangkan tanda-tanda penuaan seperti kerutan. Kurma yang memiliki sifat anti-penuaan menenangkan dan regeneratif yang sangat baik untuk kulit.

Hindari makan kurma kering karena dapat bekerja sebaliknya. Anda bisa merendam beberapa kurma dalam susu semalaman, buat pasta kental keesokan paginya dengan menambahkan madu. Oleskan pada wajah selama 15 hingga 20 menit, cuci dan keringkan. Lakukan seminggu sekali.

Susu kurma biskuit. (Foto: YouTube Chef Ade Koerniawan)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini