5 Manfaat ASI untuk Bayi yang Lahir Prematur

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 14 Juli 2021 22:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 14 481 2440768 5-manfaat-asi-untuk-bayi-yang-lahir-prematur-SQDAJl6NOr.jpg Ilustrasi ASI untuk bayi prematur. (Foto: Shutterstock)

BUKAN rahasia lagi jika air susu ibu (ASI) memiliki banyak manfaat untuk bayi. Secara umum, ASI sarat antibodi yang membantu bayi melawan virus dan bakteri. Ini sangat penting di bulan-bulan awal kehidupan bayi.

Manfaat tersebut terutama berlaku untuk kolostrum, susu pertama. Kolostrum menawarkan banyak imunoglobulin A (IgA) serta beberapa antibodi lainnya.

Baca juga: Istri Chico Hakim Meninggal Dunia Usai Lahirkan Anak Kedua 

Mengingat bayi juga bisa lahir secara prematur, contohnya anak kedua mendiang Citra Soeroso istri dari Chiko Hakim yang menurut keterangan dari Wanda Hamidah lahir prematur pada usia 7 bulan.

Lantas, apakah manfaat ASI bagi bayi prematur? Sebagaimana telah MNC Portal himpun, Rabu (14/7/2021), mari simak ulasan singkat manfaat ASI bagi bayi prematur berikut ini.

1. Lebih mudah dicerna

Dikutip dari laman Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), ibu dari bayi prematur ternyata menghasilkan ASI yang komposisinya sedikit berbeda, setidaknya untuk beberapa minggu pertama. Perbedaan ini ternyata dirancang untuk memenuhi kebutuhan khusus bayi prematur.

Air susu dari ibu bayi prematur disebutkan mengandung lebih tinggi protein dan mineral, seperti garam, dan mengandung berbagai jenis lemak yang mana lebih mudah dicerna serta diserap.

2. Membantu perkembangan otak

Lemak dalam ASI membantu meningkatkan perkembangan otak bayi dan jaringan saraf yang sangat penting untuk bayi prematur. ASI lebih mudah dicerna daripada susu formula dan mencegah lapisan usus bayi yang belum matang terkena protein susu sapi yang ditemukan dalam susu formula bayi prematur.

Baca juga: Chico Hakim Cari Donor ASI untuk Anaknya, Apa Saja Syarat Pendonor ASI? 

3. Melawan infeksi

Bayi prematur yang diberi ASI lebih kecil peluangnya mengalami sakit infeksi usus dibandingkan bayi yang diberi susu formula. Air susu yang dihasilkan sang ibu dalam beberapa hari pertama mengandung konsentrasi antibodi yang tinggi untuk membantu bayi melawan infeksi. Bahkan jika bayi belum bisa menyusu, memerah ASI sejak awal akan memastikan suplai ASI tetap terjaga sampai bayi bisa menyusu.

4. Lebih banyak zat bermanfaat

ASI bayi prematur dikatakan mengandung lebih banyak sistein, taurin, lipase yang meningkatkan absorbsi lemak, asam lemak tak jenuh rantai panjang (long chain polyunsaturated fatty acids), nukleotida, dan gangliosida. Selain juga memiliki bioavailabilitas yang lebih besar terhadap beberapa jenis elemen mineral, dan pada akhirnya semua ini bermanfaat untuk pencernaan bayi yang lebih mudah, lebih sedikit residu lambung dan kejadian muntah, menurunkan kejadian infeksi seperti sepsis dan meningitis, atau enterokolitis nekrotikans.

Baca juga: Istri Chicco Hakim Meninggal Dunia: Sayangi dan Ampuni Dia Ya Allah 

5. Memperbaiki fungsi retina

Pemberian ASI eksklusif pada bayi prematur, bermanfaat untuk kesehatan mata sang bayi, tepatnya untuk perbaikan fungsi retina dan berkurangnya risiko terjadinya Retinopathy of Prematurity.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini